People Innovation Excellence

IHSG Mengalami Peningkatan Sebesar 0,71 Persen

PRESS RELEASE
PR No: 103/BEI.KOM/12-2018

14 Desember 2018

Jakarta – Data perdagangan BEI sepekan pada minggu ke-3 bulan Desember mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami peningkatan sebesar 0,71 persen ke level 6,169.84 dari 6,126.36 pada penutupan pekan sebelumnya. Seiring dengan peningkatan IHSG, nilai kapitalisasi bursa selama sepekan juga mengalami peningkatan sebesar 0,78 persen menjadi sebesar Rp6.992,75 triliun dari Rp6.938,39 triliun pada penutupan pekan sebelumnya.

Untuk data rata-rata perdagangan harian, rata-rata nilai transaksi harian BEI selama sepekan mengalami perubahan yaitu sebesar 5,47 persen menjadi Rp9,46 triliun dari Rp10,01 triliun pada penutupan pekan sebelumnya. Kemudian rata-rata volume transaksi harian BEI mengalami peningkatan sebesar 3,24 persen menjadi 11,67 miliar unit saham dari 11,30 miliar unit saham dari pekan lalu dan untuk rata-rata frekuensi transaksi harian BEI mengalami perubahan sebesar 8,19 persen menjadi 400,79 ribu kali transaksi dari 436,57 ribu kali transaksi dari pekan lalu.

Investor asing mencatatkan jual bersih sebesar Rp2,3 triliun di sepanjang pekan ini dan investor asing sepanjang tahun 2018 telah mencatatkan jual bersih mencapai Rp48,65 triliun.

Pada pekan ini, terdapat 3 pencatatan saham di BEI, yaitu pada Senin (10/12), PT Urban Jakarta Propertindo Tbk. (URBN) dan PT Satria Mega Kencana Tbk. (SOTS) secara resmi mencatatkan sahamnya di Papan Pengembangan BEI. URBN dan SOTS menjadi perusahaan tercatat ke-54 dan ke-55 yang mencatatkan sahamnya di BEI pada tahun 2018. Sedangkan pada Rabu (12/12) PT Mega Perintis Tbk. (ZONE) secara resmi mencatatkan sahamnya di BEI. ZONE menjadi perusahaan tercatat ke-56 yang mencatatkan sahamnya di BEI pada tahun 2018.

Seremoni Pembukaan Perdagangan BEI pada Selasa (11/12) dilakukan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dalam rangka Peringatan Ulang Tahun PEFINDO Ke-25 dan Penandatanganan Perjanjian Penggunaan Indeks Saham PEFINDO I-GRADE oleh PEFINDO dan Indopremier Investment. Kemudian pada Kamis (13/12) Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) membuka perdagangan BEI dalam rangka Peringatan Ulang Tahun ke-30 Asosiasi Emiten Indonesia dan Launching Majalah “Listed”. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara dan Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto serta Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan, Hoesen. Selanjutnya pada akhir pekan Jumat (14/12) Seremoni Pembukaan Perdagangan BEI dibuka oleh Ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Edwin Sebayang dalam rangka Seminar FinTech yang diselenggarakan di Main Hall BEI.

Pencatatan Obligasi

Pada Kamis (13/12), Obligasi Berkelanjutan I Angkasa Pura II Tahap I Tahun 2018 diterbitkan oleh PT Angkasa Pura II (Persero) mulai dicatatkan di BEI dengan nilai nominal Rp750 miliar. Total emisi Obligasi dan Sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun 2018 adalah 86 emisi dari 50 Perusahaan Tercatat senilai Rp102,24 triliun.

Dengan pencatatan ini maka total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 376 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp416,85 triliun dan USD47,5 juta, diterbitkan oleh 114 Emiten. Surat Berharga Negara (SBN) tercatat di BEI berjumlah 99 seri dengan nilai nominal Rp2.371,35 Triliun dan USD300 juta. Efek Beragun Aset (EBA) sebanyak 11 emisi senilai Rp10,00 triliun.

Kegiatan BEI

BEI melalui Kantor Perwakilan Riau mengadakan Kegiatan Edukasi Publik Pasar Modal Syariah di Universitas Muhammadiyah Riau pada Selasa (11/12) yang bertujuan untuk mengenalkan Pasar Modal kepada masyarakat Riau khususnya di kalangan mahasiswa dan juga untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang berinvestasi di Pasar Modal Indonesia.

Pada Rabu (12/12), BEI melalui Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan Bersama MNC Sekuritas Cabang Banjarmasin melaksanakan Kegiatan Kalsel Galeri Investasi BEI Gathering. Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dan berbagi pengalaman antar GI BEI dan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) di Kalimantan Selatan, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pembelian saham bersama untuk mendukung keaktifan para mahasiswa KSPM dalam bertransaksi di pasar modal.

BEI masih melakukan beberapa kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada khalayak, yaitu melalui KP Yogyakarta, pada Kamis (13/12), BEI menyelenggarakan Workshop Go Public dengan tema “Peluang Pendanaan Perusahaan Menuju Pertumbuhan yang Optimal Melalui Pasar Modal Indonesia“ kepada perusahaan BUMD/Swasta yang ada di Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Demikian untuk diketahui publik.

DIVISI KOMUNIKASI PERUSAHAAN
PT BURSA EFEK INDONESIA

sumber https://www.idx.co.id/berita/press-release-detail/?emitenCode=1019

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close