IMA MANAGEMENT ACCOUNTING COMPETENCY FRAMEWORK Decision Analysis

 

   Pada bagian kedua dari strategic management yaitu mengenai decision analysis, sasaran utama yang diinginkan adalah mengevaluasi alternatif keputusan menggunakan teknik analitik dan membuat rekomendasi. Kompetensi yang diharapkan ada di dalam akuntan manajemen adalah terkait dengan decision analysis adalah:

  1. Memimpin keputusan kompleks yang melibatkan resiko tinggi, ambiguitas, dan konsekuensi strategis yang signifikan
  2. Mengembangkan kerangka kerja untuk pengambilan keputusan (misalnya, mengidentifikasi keputusan spesifik dan mendukung metode yang digunakan di dalam situasi tersebut)
  3. Menerapkan metodologi inovatif ketika mendekati keputusan yangkompleks (mis., Simulasi Monte Carlo dan real option)

Dari Decision Analysis, dilihat bahwa untuk level expert, akuntan manajemen lebih dituntut untuk bisa memberikan keputusan di segala kondisi, baik itu di dalam pengambilan keputusan yang sehari-hari maupun yang bersifat strategis. Akuntan bisa memanfaatkan sistem yang ada bahkan dapat memanfaatkan artificial intelligence untuk menghimpun seluruh data yang berkaitan di dalam pengambilan keputusan tersebut. Dengan begitu, pekerjaan akuntan manajemen akan lebih mudah dan terfokus kepada pengambilan keputusan saja. Keputusan yang diambilpun bukan hanya untuk perhitungan biaya, namun juga sampai kepada sisi keuangan perusahaan.

 

-SPH