Setiap orang memiliki kebutuhan investasi dan perencanaan keuangan yang berbeda-beda. Kebutuhan investasi dan perencanaan keuangan dapat berubah sesuai dengan siklus hidup seseorang. Perencanaan keuangan seseorang perlu direncanakan berdasarkan berbagai faktor seperti usia, status finansial, rencana masa depan, serta kebutuhan. Berdasarkan siklus hidup seseorang, terdapar 4 strategi investasi yang dapat diterapkan sesuai dengan siklus / stage masing-masing individu.

  1. Accumulation Phase
    Fase ini ditandai dengan mereka yang berusia muda dengan karakteristik berada pada awal hingga pertengahan karirnya dimana mereka memiliki jangka waktu investasi yang panjang dan memiliki kemampuan untuk mendapatkan pemasukan dari pekerjaan mereka. Individu yang berada pada fase ini cenderung berinvestasi pada jenis investasi yang memiliki risiko tinggi dengan harapan mereka akan mendapatkan keuntungan diatas rata-rata dari waktu ke waktu.
  2. Consolidation Phase
    Fase ini ditandai dengan mereka yang telah melewati pertengahan atau midpoint karir mereka. Individu pada fase ini biasanya menghasilkan penghasilan melebihi pengeluaran mereka dan cenderung memiliki jangka waktu investasi yang panjang, sehingga cenderung berinvestasi pada jenis investasi yang memiliki risiko moderat hingga tinggi namun individu pada fase ini menghindari mengambil risiko tinggi yang abnormal.

Untuk 2 fase selanjutnya akan dibahas pada artikel berikutnya.

Terimakasih.

Sumber:

  • Frank K. Reilly, Keith C. Brown, Sanford J. Leeds. (2019). Investment Analysis and Portfolio Management. 11th . Cengage Learning Asia Pte Ltd. New Tech Park, Singapore. ISBN: 9789814834711

Image Sources: Google Images