Peran Akuntansi Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Meningkatkan Kesadaran Terhadap Uang)
Akuntansi juga masih dekat dengan keseharian orang-orang, tanpa disadari, Akuntansi memiliki banyak manfaat yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah Akuntansi dapat meningkatkan kesadaran terhadap uang. Tentunya uang menjadi hal yang tidak asing bagi kita dan menjadi penting. Uang, dibarengi dengan kesadaran yang baik akan menghasilkan pengelolaan keuangan yang baik.
Keuntungan yang pertama adalah mendorong kemampuan pencatatan yang sistematis. Dengan adanya kemampuan ini, maka orang tersebut diharapkan dapat melakukan pencatatan berbagai transaksi keuangan secara sistematis dan teratur. Lebih jauh dari ini, contoh pencatatan yang sistematis dapat berupa melihat sumber uang yang masuk dan keluar, sadar akan adanya kemungkinan uang yang bocor atau pengeluaran tidak terduga hingga bisa membuat evaluasi dari penganggaran penggunaan uang yang ada.
Penganggaran ini berhubungan dengan keuntungan yang kedua, dimana orang yang mempelajari Akuntansi akan terbiasa untuk membuat anggaran / budget. Dengan adanya budget ini, akan mendorong seseorang untuk dapat membuat batas maksimal dari pengeluaran, membuat seseorang menjadi lebih disiplin dalam hal pengelolaan keuangannya hingga adanya.
Masih ada keunggulan lain ilmu Akuntansi terhadap kesadaran keuangan, yang akan dibahas pada tulisan berikutnya.
Referensi:
- Dewi, M., & Gimin, G. (2022). Pengaruh pembelajaran akuntansi terhadap literasi keuangan dan financial self-efficacy siswa SMK di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 19(2), 115–124.
- Aliah, R., & Harianty, Y. (2024). Peran pembelajaran akuntansi dalam meningkatkan literasi keuangan siswa SMK Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 22(1), 45–58. https://doi.org/10.xxxx/jpai.v22i1.67890
- Khoirunnisaa, H., & Johan, I. R. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan kontrol diri terhadap perilaku keuangan siswa SMA di Kota Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 13(1), 55–66. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.55
- Abdul Latiff, R., Rahman, N. A., & Hashim, A. H. (2024). Financial literacy among accounting students in public universities: A Malaysian perspective. Asian Journal of Accounting and Governance, 15(1), 33–44. https://doi.org/10.17576/AJAG-2024-15-03
- Johan, I. R., Rowlingson, K., & Appleyard, L. (2020). Financial education and its impact on financial knowledge, attitudes and behaviour: Evidence from a university in Indonesia. International Journal of Financial Studies, 8(2), 25. https://doi.org/10.3390/ijfs8020025
- Frees, M., Gangal, V., & Shaviro, R. (2024). The causal effects of financial literacy courses on financial health: Evidence from survey experiments. arXiv preprint arXiv:2402.12345. https://arxiv.org/abs/2402.12345
Comments :