Seperti yang kita ketahui, akuntansi manajemen menitikberatkan kepada proses yang ada di dalam internal perusahaan.

Akuntansi manajemen memiliki banyak aktivitas di dalamnya, berikut ini beberapa aktivitas utama manajemen yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi:

  • Planning
    Akuntan manajemen perlu menetapkan tujuan dan merancang strategi untuk mencapainya. Membuat visi dan misi organisasi dan membuat strategi bisnis untuk jangka pendek dan jangka Panjang. Selain itu juga akuntan manajemen herus membuat anggaran dan menetapkan rencana pekerjaan yang perlu dilakukan.
  • Organizing
    Akunatan manajemen dan perusahaan perlu mengatur sumber daya, tugas, dan tanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi. Aktivitas Akuntan Manajemen membentuk struktur organisasi, membagi tugas kepada tim atau individu, dan mengatur sumber daya seperti waktu, uang, dan tenaga kerja.
  • Directing
    Directing artinya adalah memimpin, memotivasi, dan mengarahkan seseorang atau tim untuk mencapai tujuan. Memberikan instruksi dan arahan kepada tim adalah salah satu contoh aktivitas. Perlu diketahui bahwa karyawan juga perlu diberikan penghargaan atau insentif dan perlu memecah konflik tim.
  • Controlling
    Memeriksa dan mengevaluasi kinerja untuk memastikan tujuan tercapai sesuai dengan rencana. Cara untuk mengetahui kinerja yang baik adalah dengan menggunakan KPI. KPI adalah kualitatif yang dikuantitatifkan. Selain itu juga controlling digunakan untuk engidentifikasi kesalahan dengan rencana awal dan tindakan koreksi jika diperlukan.
  • Coordinating
    Akuntan manajemen perlu menyelaraskan kegiatan antar tim atau departemen untuk memastikan mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Koordinasi adalah memastikan komunikasi yang baik antar departemen dan menyelaraskan kegiatan pemasaran dengan produksi.
  • Decision Making
    Akuntan perlu melihat dalam menentukan cara terbaik untuk mencapai tujuan dari berbagai alternatif seperti salah satunya adalah memilih strategi pemasaran. Akuntan dapat membantu menentukan bagaimana dana akan digunakan dan memilih cara untuk meningkatkan efisiensi.Evaluation and Development

Di dalam manajemen, perusahaan melakukan proses menilai kemampuan seseorang atau organisasi dan menilai hasil kerja mereka. Selain itu juga diperlukan untuk mengembangkan dan mengajar keterampilan dan mengidentifikasi area mana operasi bisnis perlu ditingkatkan. Semuanya harus berkesinambungan sehingga perusahaan dapat menjadi lebih berkembang dan juga menuju ke arah yang lebih baik.

Reference:

  • Ray H. Garrison, Eric Noreen, Peter Brewer, Cheng Nam Seng, Katherine Yuen (2015). Managerial Accounting An Asian Perspective. Singapore: McGraw-Hill.