Oleh: Setiani Putri Hendratno

Semakin maraknya industry 4.0, menjadikan banyak professional yang berasumsi bahwa nantinya accountant akan digantikan oleh robot. Tugas utama dari accountant adalah harus membuat laporan keuangan, menganalisis, dan mengkomunikasikannya kepada stakeholder. Bukan berarti jika memang nanti akan adanya Artificial Intelligence Accountant akan digantikan oleh robot, tetapi ada proses pembuatan laporan yang secara administrative akan bisa digantikan oleh robot.

Dalam Institute of Management Accounting, Accountant akan bekerja dibantu oleh robot di dalam pelaksanaannya. Tugas dari seorang akuntan saat ini sudah bertambah, dari fungsi administrative, sekarang diminta juga untuk dapat mengerti terkait dengan industry 4.0 seperti Artificial Intelligence, Big Data Analysis, Blockchain, dan lainnya yang dapat digunakan untuk pembuatan laporan keuangan dan juga pengambilan keputusan untuk finansial maupun non finansial perusahaan.

Contohnya penggunaan Artificial Intelligence bisa membantu di dalam pengecekan data terkait dengan adanya fraud yang dilakukan perusahaan yang dilihat dari chat atau email perusahaan. Selain itu juga dengan menggunkan big data analysis, kita bisa mengetahui kondisi segmen pasar dan juga kondisi produk di pasaran berdasarkan data yang dihimpun dari social media, serta juga dapat menjadi tempat untuk memasarkan produk dengan tepat sasaran.

Dengan adanya pemasaran produk yang tepat sasaran tersebut, membuat banyak calon konsumen yang tertarik dengan produk kita dan bisa berdampak pada kenaikan penjualan atas produk tersebut.