Seiring dengan perkembangan zaman di era revolusi industri 4,0 telah menghadirkan serangkaian sistem teknologi yang semakin modern dan canggih, seperti big data analytics, cloud, internet of things, dan artificial intelligence. Kemajuan AI mempercepat pengolahan dan proses data menjadi informasi yang akurat untuk memperluas wawasan serta meningkatkan proses pengambilan keputusan secara efektif dan efisien. Pertumbuhan teknologi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap performa perusahaan, yang dengan demikian mengarahkan pemimpin untuk berinvestasi secara bertahap dalam mengaplikasikan teknologi sebagai bagian dari strategi manajemen bisnis. Namun, membicarakan transformasi berdampak kepada seluruh sektor, dimana salah satunya adalah akuntansi yang berperan penting dalam menyajikan informasi pergerakan entitas.

Dalam sektor akuntansi terdapat beberapa profesi, mulai dari financial analyst, sustainability specialist, people advisory, hingga fiscal management yang menganalisis dan mengatur perpajakan perusahaan maupun karyawan (Individu). Sistem pengaturan perpajakan turut mengalami perubahan, seperti pemerintah yang telah mengadopsi e-SPT sebagai wadah dalam pengisian SPT wajib pajak. Oleh karena itu, selain mengikuti perkembangan zaman juga perlu memperbarui pengetahuan dengan aturan regulasi pajak terkini agar tidak salah dalam menyajikan perhitungan pajak yang disetorkan ke negara.

Maka, dalam rangka meningkatkan kompetensi serta kesadaran siswa dengan penanaman pengetahuan sejak dini, dimana pada Hari Jumat 26 Januari 2024, Bapak Archie Nathanael Mulyawan berkesempatan mewakili Accounting Program menuju SMA Kristen Immanuel Pontianak dengan membawakan tema workshop “To Be Tax Expert in Digital Era” yang menjelaskan bahwa perkembangan di dunia Perpajakan selain menghadapi perubahan regulasi setiap waktunya juga perlu mewaspadai kemajuan teknologi yang turut mentransformasi sistem penyetoran perpajakan berbasis sistem (e-SPT).

Untuk mendukung kegiatan pemaparan materi yang menggambarkan pertumbuhan Accounting ditengah kemajuan teknologi, pendemoan dengan menggunakan Generative AI dilakukan untuk memberikan pengalaman langsung kepada para siswa dalam mempraktikan AI untuk memperlihatkan proyeksi perhitungan secara otomatis pada PPh 21 yang menghasilkan analisis dari AI untuk dikolaborasikan dengan manusia / konsultan pajak.

Image Source: Istimewa