Pertumbuhan teknologi yang semakin pesat dan cepat di era revolusi industri 4.0 mendorong generasi mendatang agar mampu beradaptasi secara cepat dan tangkas pada perubahan besar yang terjadi secara signifikan, baik pada kehidupan sehari-hari maupun di sektor perusahaan bisnis yang berdampak pada perekonomian negara. Sebagai bagian dari dunia Pendidikan yang berperan menjadi akademisi, sudah menjadi kewajiban untuk mengantarkan para lulusan untuk menjadi sumber daya unggul yang tidak kalah saing dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya.

Melihat pesatnya kemajuan teknologi di sektor Accounting yang meliputi Auditing, Taxation, Management Accounting, dan pengaturan keuangan, Accounting Program Binus University melalui kegiatan workshop yang bertema “Accounting Get Rich” pada Hari Selasa 23 Januari 2024, Bapak Archie Nathanael Mulyawan, S.Ak., M.Ak., Cert.DA., CBDE. berkesempatan untuk menyampaikan pemaparan materi beserta memperkenalkan Accounting Program di Binus University di SMK Kristen Immanuel Pontianak.

Dalam materi workshop tersebut, Bapak Archie menyampaikan pentingnya generasi muda untuk terbuka terhadap perubahan, dimana selain melakukan simulasi audit, juga dilaksanakan pengoperasian ChatGPT in financial analyst untuk menggabungkan penilaian dari artificial intelligence dengan manusia saat menentukan tindakan alternatif yang efektif dan efisien.

Para siswa perlu meningkatkan kompetensi dan pola pikir yang lebih terbuka serta tangkas untuk dapat menghasilkan informasi real-time dan berkala dalam rangka memecahkan masalah dengan cepat. Selain itu, Bapak Archie juga melaksanakan mini audit simulation untuk menunjukan bahwa dalam akuntansi maupun audit, jauh melampaui sekedar angka yang berarti membutuhkan daya analisis yang kritis dan skeptis agar dapat meminimalisir risiko yang tidak diinginkan. Dengan Teknik penyampaian yang dikemas sesuai generasi muda, para siswa menyambut informasi mengenai perkembangan dunia Akuntansi dengan sangat baik dan percaya bahwa akuntan tidak tergantikan oleh teknologi, melainkan memperoleh peluang yang lebih luas dengan berintegrasi ke sektor IT yang melahirkan kesempatan baru.

Image Source: Istimewa