Bapak Maruli Samuel Pasaribu, S.E., M.M. sebagai Factory Accounting Controller PT Amerta Indah Otsuka memberikan sharing pada sesi Talkshow – Managerial Accounting series dengan topik  Profesi Akuntan Management Menyongsong Industry 5.0. Bapak Maruli menyampaikan bahwa pentingnya seorang akuntan dalam memahami perkembangan teknologi yang ada di dalam praktek. Akuntan saat ini dihadapkan pada era data dapat darimanapun termasuk penggunaan AI dan juga Internet of Things (IoT). Perkembangan Teknologi tentunya tidak dapat terbendung dan akuntan harus bisa menggunakan semua perangkat dan juga sistem yang tersedia untuk memberikan informasi yang relevan dalam pembuatan Keputusan. Penggunaan AI dan Big Data sudah digunakan oleh banyak Perusahaan di Indonesia.

Fundamental ilmu seorang akuntan tetap penting dalam memberikan informasi yang akurat karena data tersebut dibutuhkan baik dari internal sampai ke eksternal. Otomatisasi bisa digunakan juga oleh akuntan yang bersifat rutin, misalnya pengeluaran uang. Otomatisasi diperlukan karena jurnal yang dilakukan begitu banyak, oleh karenanya penting dalam menggunakan otomatisasi. Dalam menggunakan dalam teknologi, manajemen juga memerankan peranan penting untuk memutuskan mana teknologi yang digunakan untuk menjadi informasi yang lebih baik.

AI yang digunakan bukan hanya langsung digunakan begitu saja tanpa pengetahuan dari akuntan, namun akuntan juga perlu mengetahui Bahasa pemograman, paling tidak mengerti data yang diinput, data yang diproses, dan output dari data tersebut. Big data penting untuk mengolah data dan juga pengoperasian Big Data.