“Akuntansi mikro” adalah istilah yang biasanya digunakan untuk merujuk pada akuntansi untuk usaha kecil dan divisi perusahaan. Semua akuntan konvensional adalah akuntan mikro, dan akuntansi mikro untuk klien bisnis kecil adalah pasar yang besar. Fokusnya adalah menyusun laporan keuangan untuk penggunaan internal dan persiapan pajak penghasilan.

Pada dasarnya, akuntansi mikro adalah apa yang kebanyakan orang kenal sebagai akuntansi atau pembukuan seperti pencatatan transaksi, penyusunan laporan keuangan, pengajuan pajak dan lainnya. Untuk menjelaskan subkategori akuntansi, akuntansi mikro biasanya digunakan. Akuntansi mikro berarti menganalisis transaksi dan keuangan anak perusahaan perusahaan yang lebih besar.

Akuntansi mikro dapat melibatkan pembagian keuangan perusahaan yang lebih besar menjadi beberapa divisi atau anak perusahaan. Ini juga dapat berarti melihat sesuatu dalam skala yang lebih kecil, apakah itu divisi perusahaan tertentu atau jangka waktu tertentu. Misalnya, untuk menemukan sumber kehilangan uang sebuah perusahaan pada kuartal tertentu.

 

Referensi:

https://www.investopedia.com/terms/m/micro-accounting.asp

Image Source: Google Images