Perbedaan Gender Dalam Komite Renumerasi, Berpengaruhkah?

Beberapa penelitian mencari bukti-bukti apakah perbedaan gender berpengaruh terhadap akuntabilitas, transparansi dan corporate governance dalam suatu perusahaan.

Beberapa argumen mendasari mengapa adanya perempuan atau perbedaan gender dalam tampuk pimpinan perusahaan penting. Argumen pertama, secara biologis laki-laki dan perempuan diciptakan berbeda sehingga perbedaan secara , biologis ini membuat cara berperilaku dan pengambilan keputusan antara laki-laki dan perempuan berbeda. Penelitian terdahulu menyimpulkan bahwa laki-laki cenderung lebih cepat mengambil keputusan dan tidak takut mengambil risiko yang lebih besar, sedangkan perempuan cenderung lebih hati-hati sehingga lebih lama dalam mengambil keputusan.

Argumen kedua, sebenarnya masih berhubungan dengan yang pertama, namun menitikberatkan pada dinamika dalam kelompok. Kelompok dengan variasi perbedaan gender akan lebih dinamis sehingga dalam keputusan-keputusannya akan lebih matang dan lebih baik.

Argumen-argumen di atas digunakan oleh penelitian ini untuk menjawab pertanyaan apakah perbedaan gender akan mempengaruhi kualitas keputusan yang lebih baik.

Penelitian ini mengambil latar belakang pada perusahaan-perusahaan di UK yang mempunyai aturan bahwa pemegang saham boleh mengajukan keberatan atas renumerasi direksi. Peneliti berargumen bahwa komite renumerasi yang telah memonitor renumerasi direksi dengan baik akan mengakibatkan keberatan renumerasi oleh shareholders menjadi semakin sedikit.

Menggunakan panel data dari 350 perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam FTSE, penelitian ini menemukan bahwa perusahaan yang komite renumerasi-nya mempunyai anggota perempuan cenderung lebih sedikit mengalami “keberatan” oleh pemegang sahamnya. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perempuan dalam komite renumerasi meningkatkan kualitas pengawasan yang dijalankan oleh komite renumerasi tersebut.

Ingin tahu lebih jauh mengenai penelitian ini? Silakan digali lebih dalam di

Alkalbani, N., Cuomo, F., & Mallin, C. (2019). Gender Diversity and Say‐on‐Pay: Evidence from UK Remuneration Committees. Corporate Governance: An International Review.

#accountingresearchcorner #genderdiversity #corporategovernance

HK

Image Source: Google Image