MEMAHAMI KONSEP DASAR FILANTROPI ATAU PEMBERIAN BISNIS PERUSAHAAN/CORPORATE PHILANTHROPY OR BUSINESS GIVING

Business giving, juga dikenal sebagai corporate philanthropy, adalah praktik di mana perusahaan memberikan dukungan keuangan, sumber daya, atau layanan kepada organisasi nirlaba atau masyarakat dalam rangka memberikan manfaat sosial atau lingkungan. Corporate philanthropy adalah cara bagi perusahaan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan tempat perusahaan beroperasi. Hal ini dapat memberikan banyak manfaat dan memengaruhi kehidupan sehari-hari banyak orang. Contoh corporate philanthropy atau business giving adalah sebagai berikut: Banyak bisnis memiliki program donasi di mana mereka menyumbangkan sebagian dari pendapatan mereka dari penjualan barang kepada organisasi amal atau untuk tujuan tertentu. Misalnya, perusahaan menyumbangkan sebagian dari pendapatan mereka dari penjualan buku anak-anak kepada yayasan pendidikan.  Perusahaan di bidang kesehatan seering memberikan layanan kesehatan atau program pencegahan penyakit gratis kepada masyarakat setempat. Program ini termasuk pemerkasaan kesehatan gratis atau program imunisasi. Banyak perusahaan bertindak sebagai tanggapan terhadap bencana alam atau situasi darurat dengan memberikan bantuan dalam bentuk bantuk uang tunai, barang, atau dukungan logistik kepada korban bencana. Banyak bisnis menawarkan program beasiswa untuk mendukung siswa yang berprestasi tetapi membutuhkan dana. Ini membantu masyarakat dengan memberikan akses ke pendidikan yang lebih tinggi.

Corporate Philanthropy or Business Giving

Contoh Corporate Philanthropy or Business Giving dalam perusahaan sebagai berikut :

Bank Commonwealth mewujudkan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui Kegiatan Sosial bertajuk “Corporate Philanthropy” yang diselenggarakan setiap tahun. Pelaksanaan program ini berlandaskan pada kesadaran Bank bahwa pertumbuhan dan perkembangannya yang pesat tidak terlepas dari kepercayaan dan dukungan semua pihak yang terkait terhadap usaha Bank Commonwealth. Oleh karena itu, Bank mengembalikan sebagian profitabilitas yang diperoleh dalam bentuk bantuan sosial kepada masyarakat yang layak menerima.

Untuk meningkatkan partisipasi karyawan Bank Commonwealth dalam pelaksanaan kegiatan CSR, Bank Commonwealth memiliki CommCare Club, yang merupakan wadah bagi karyawan Bank untuk berpartisipasi dalam kegiatan CSR yang dilaksanakan.

Corporate Philanthropy or Business Giving menurut pakar sebagai berikut :

Menurut Carroll, Brown, dan Buchholtz

Philanthropy adalah Hasrat untuk membantu orang-orang sebagai bentuk Gerakan untuk sumbangan, kepedilian terhadap sesama. Corporate Philanthropy adalah tindakan perusahaan untuk memberikan kembali kepada masyarakat sebagian dari kekayaannya sebagai ungkapan terimakasih atas kontribusi masyarakat, seperti yang ditulis oleh Kakabadse, Nada Kakabadse dan Rozuel.

Referensi:

Archie B. Carroll, Jill Brown, Ann K. Buchholtz. (2018). Business & Society: Ethics, Sustainability & Stakeholder Management. 10. Cengage Learning. Boston. ISBN: 9781305959828.

Image Source: Google Images

Comments :