Virus Corona telah mengubah banyak hal dan misalnya, akan mempercepat penurunan penggunaan uang tunai yang membuat menurunnya ketergantungan orang pada uang kertas dan koin, yang banyak di antaranya rentan terjadi penularan virus.

Lockdown epidemi COVID-19 yang dimulai pada tanggal 23 Maret 2020 memberikan berbagai pendapat mengenai bagaimana hal ini akan mempengaruhi perubahan di masa depan, seperti diberlakukannya audit jarak jauh. Bahkan setelah pasca Covid 19 seperti sekarang ini, apakah audit jarak jauh (remote audit) masih menjadi topik yang relevan? Perlu disadari juga bahwa konsep audit jarak jauh sudah ada lebih dari 10 tahun sebelum merebaknya pandemic Covid 19 (Teeter et al., 2010).

Rencana untuk meningkatkan kerja jarak jauh memiliki banyak keuntungan bagi keseimbangan kehidupan kerja staf, pengurangan waktu perjalanan, dan dedikasi terhadap tugas yang ada (Barretto et al., 2022). Namun ada risiko yang meliputi:

  • Mengurangi kontak dengan rekan kerja, meskipun sedikit dikurangi melalui interaksi online dan konferensi video.
  • Kehidupan kerja dan kehidupan rumah tangga menyatu menjadi satu, mungkin ditangani sampai batas tertentu dengan memiliki meja khusus yang dapat ditinggalkan ketika waktu kerja berakhir setiap hari atau dengan mematikan komputer ‘kantor’.
  • Mengurangi peluang untuk bekerja bersama pelanggan/klien audit internal dan terlibat dalam aktivitas yang diaudit.
  • Kurangnya kesempatan untuk mengamati petunjuk bahasa tubuh pada pelanggan/klien audit internal.

Pertimbangan lebih lanjut diberikan pada dua hal terakhir karena pengendaliannya memerlukan masukan yang lebih besar dari manajemen audit internal. Salah satu keuntungan dari kolega di berbagai departemen yang bekerja di gedung yang sama adalah selalu relatif mudah bagi auditor dan laptop mereka untuk mencari lokasi di meja perdagangan atau area kantor yang akan diaudit, kemudian mengerjakan pengujian audit, meskipun normal. aktivitas terus berlanjut.

Auditor, meskipun tetap produktif, mendengar tentang masalah yang sering terjadi dan mengetahui bagaimana masalah tersebut diselesaikan dan kesalahan diperbaiki. Kadang-kadang orang melontarkan ide-idenya kepada auditor sehingga bersifat interaktif dan mendidik. Prosesnya bersifat informatif dan mungkin membantu dalam penyusunan laporan dan perumusan rekomendasi.

Jika auditor bekerja dari jarak jauh, pemberian pengetahuan dan pengamatan budaya ini akan lebih sulit atau tidak mungkin dilakukan dan manajemen audit mungkin harus meminta dan mendapatkan notulensi rapat tim yang mungkin membahas masalah yang berulang, sebagai gantinya, dengan harapan hal tersebut dapat diatasi. tercakup dan didokumentasikan secara lengkap (Kafel & Rogala, 2022).

Beralih ke umpan balik dari pelanggan/klien audit internal, hal ini berbentuk, seperti komunikasi lainnya, berupa kombinasi kata-kata yang diucapkan, nada penyampaiannya, dan bahasa tubuh (termasuk ekspresi wajah dan kontak mata; gerakan kepala; tangan gerak tubuh; postur tubuh) pembicara dan rekan-rekannya, ketika mereka mendengar kata-kata yang diucapkan. Disonansi dan kebocoran dapat terjadi sehingga menimbulkan keraguan terhadap apa yang dikatakan dan kelalaian penting apa pun. Hal ini tidak mudah dideteksi oleh auditor internal ketika bekerja dari jarak jauh meskipun pembicara terlihat dan terdengar dalam kotak kecil yang dilihat di layar. Meningkatnya kesadaran akan nada suara dan sedikit skeptisisme mungkin dapat dibenarkan dalam bidang-bidang yang kontroversial dan berisiko tanpa bersikap terlalu sinis. Verifikasi tanggapan harus dilakukan secara ketat.

Selain itu, manajemen audit perlu mempertimbangkan secara hati-hati tingkat jaminan yang mungkin hilang dan memperingatkan adanya kesenjangan material dalam konsistensi jaminan tersebut.

Referensi:

Barretto, C. R., Drumond, G. M., & Méxas, M. P. (2022). Remote audit in the times of COVID-19: a successful process safety initiative. Brazilian Journal of Operations and Production Management, 19(3), 1–17. https://doi.org/10.14488/BJOPM.2021.048

Kafel, P., & Rogala, P. (2022). Auditing Management Systems in Digital Transformation Era. International Journal for Quality Research, 16(1), 193–206. https://doi.org/10.24874/IJQR16.01-13

Teeter, R. A., Alles, M. G., & Vasarhelyi, M. A. (2010). The remote audit. Journal of Emerging Technologies in Accounting, 7(1), 73–88. https://doi.org/10.2308/jeta.2010.7.1.73

BLH

Image Source: Google Images