Akuntansi internasional merupakan salah satu komponen dari seluruh profesi yang dinilai penting yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Perubahan dalam teknologi digital serta perjanjian perdagangan internasional membuat perdaganagan antar negara lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan masa lalu. Menurut pendapat Silvia Hagaina Sembiring, Dosen Fakultas BioEntreprenuership i3L School of Business (ISB), menyatakan bahwa dengan adanya akuntansi internasional, diharapkan dapat membantu siswa menjadi lebih terinformasi tentang kebutuhan bisnis internasional saat ini. 

Perusahaan secara rutin melakukan ekspansi bisnis melampaui batas teritori negara asal, baik itu dari negara asing atau organisasi yang berkembang secara internasional karena alasan keuangan dan operasional. Akuntansi internasional dapat membantu perusahaan agar tidak perlu menyajikan kembali laporan keuangan tiap-tiap negara, ini sangat penting dalam kepentingan ekonomi global.

“Dengan perkembangan pencarian modal asing yang terus meningkat selama beberapa dekade, hal inilah yang menjadi landasan bahwa pentingnya pengembangan standar akuntansi internasional yang kuat mempertimbangkan realitas bekerja dengan entitas di dua atau lebih yuridiksi hukum. Pada kondisi saat ini, standar akuntansi yang tinggi serta spesialis akuntansi internasional dapat memberikan dampak yang baik dan menguntungkan bagi siswa dan lulusan yang ingin bekerja di perusahaan multinasional ataupun lintas negara” terang Silvia 

 Bagi pelajar yang tertarik untuk mempelajari akuntansi internasional, maka harus terlebih dahulu  memahami standar yang digunakan untuk mengelola audit, pelaporan dan juga mengerjakan tugas akuntansi yang berbasis global, hal ini berkaitan dengan mulainya bergeser prinsip akuntansi yang berlaku umum ke standar pelaporan keuangan internasional.

Referensi : 

Image Source: Google Images