Akuntansi Manajemen merupakan kegiatan Mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis informasi adalah bagian dari akuntansi manajemen. Informasi ini akan digunakan oleh karyawan perusahaan untuk membuat keputusan. Akuntansi manajemen mengalami banyak perubahan karena teknologi informasi.

Di masa lalu, penyampaian informasi kepada seorang manajer biasanya memakan waktu yang cukup lama karena informasi didapat melalui seorang akuntan, diproses, kemudian diserahkan kepada manajer, yang kemudian bertanggung jawab atas keputusan. Nama ini sekarang digunakan oleh perusahaan (Computer-Integrated Manufacturing = CIM). Komputer digunakan untuk memonitor dan mengendalikan berbagai operasi dalam proses produksi terotomatisasi. Dengan menggunakan komputer, banyak informasi penting dapat dikumpulkan dan diberikan kepada manajer dengan cepat tanpa menggunakan banyak perantara. Dengan CIM, manajer dapat melihat proses produksi kapan saja dan di mana saja.

Beberapa aspek dasar akuntansi manajemen akan berubah ketika teknologi informasi digunakan dalam akuntansi manajemen. Perubahan tersebut mencakup perubahan pada proses perencanaan, pengendalian, struktur organisasi, dan budaya organisasi. Agar suatu organisasi dapat bertahan dan berkembang, lingkungannya harus berubah juga. Penggunaan Electronic Data Interchange (EDI) adalah salah satu contoh penerapan teknologi informasi yang mempengaruhi proses pengendalian. Implementasi EDI dalam Just In Time (JIT) memungkinkan kontrol persediaan dan mengarahkan fokus pada kualitas dan efisiensi tenaga kerja. Selain itu, EDI memberi akuntan manajemen kesempatan untuk meningkatkan kualitas dalam hal produksi, scheduling, peramalan penjualan, mempercepat respons internal, berhubungan lebih dekat dengan pelanggan, dan membantu manajemen dalam meningkatkan pengendalian aktivitas bisnis.

Suatu organisasi mengalami banyak perubahan sebagai akibat dari kemajuan teknologi informasi. Tidak diragukan lagi bahwa teknologi informasi dapat meringankan aktivitas bisnis yang kompleks dan menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien, tetapi kita juga harus mempertimbangkan efek negatifnya. Setiap perubahan pasti akan membawa efek positif dan negatif. Suatu perkembangan akan menjadi suatu hal yang baik jika kita bisa menyikapi dan memanfaatkannya dengan baik.

REFERENSI:

https://media.neliti.com/media/publications/73763-ID-pengaruh-perkembangan-teknologi-informas.pdf

https://www.kompasiana.com/agitmaharta6121331/61c0936806310e65144190c6/pengaruh-teknologi-dalam-akuntansi-manajemen

Image Source: Google Images