Akuntansi sendiri menurut American Accounting Association (AAA) adalah proses identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas serta tegas bagi pengguna informasi tersebut. Berdasarkan pengertian tersebut, akuntansi berfungsi sebagai alat analisis data atau transaksi keuangan yang dilakukan dengan cara tertentu dan ukuran moneter yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi atau perusahaan. Akuntansi seringkali disebut sebagai bahasa perusahaan yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai keuangan perusahaan yang sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer atau manajemen untuk membantu membuat keputusan dalam suatu organisasi.

Akuntansi sendiri merupakan salah satu jurusan dari Fakultas Ekonomi yang saat ini paling banyak diminati, karena dianggap memiliki peluang dan prospek kerja yang bagus kedepannya. Jurusan akuntansi merupakan program kuliah yang mempersiapkan lulusannya untuk bekerja di bidang pencatatan finansial atau transaksi keuangan. Adapun tiga hal utama yang berhubungan dengan program kuliah akuntansi, yaitu Deretan angka dan bilangan, analisis anggaran, dan banyaknya hitung-hitungan.

Dalam dunia akuntansi itu sendiri tidak lepas dari yang namanya menghitung atau mencatat transaksi keluar masuk dalam perusahaan. Dalam menghitung jumlah uang yang diterima atau dikeluarkan perusahaan pun sangat banyak jumlahnya. Para mahasiswa akuntansi  rutin menghitung total uang yang lumayan banyak berjuta-juta bahkan bermilyar-milyar tapi tidak ada wujud atau bentuknya. Maka dari itu, dalam dunia akuntansi, uang yang dihitung oleh para mahasiswa akuntansi maupun para Akuntan adalah uang tak kasat mata/Invisible Money, karena meskipun jumlah uang yang dihitung sangat besar jumlahnya, namun tidak ada wujud uangnya.

REFERENSI:

Image Source: Google Images