Apa Itu IPO Saham?

Salah satu cara perusahaan dapat mendapatkan modal tambahan dari masyarakat atau publik adalah melalui IPO saham. IPO merupakan singkatan dari Initial Public Offering yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti Penawaran Umum Perdana Saham. Dalam proses IPO, saham perusahaan swasta dijual kepada publik untuk pertama kalinya. 

Dengan IPO saham, perusahaan dapat mendapatkan lebih banyak modal ekuitas dari investor publik. IPO merupakan suatu pergeseran dari perusahaan swasta ke perusahaan publik. Pada awalnya, perusahaan tersebut dimiliki secara eksklusif oleh individu tertentu, tetapi kemudian berubah menjadi perusahaan terbuka yang dapat dimiliki oleh siapa saja.

Perusahaan mendapatkan dana melalui IPO saham dari masyarakat yang membeli saham atau efek yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan demikian, masyarakat menjadi pemegang saham perusahaan. Investor yang membeli saham akan memiliki dua cara untuk mendapatkan keuntungan. Pertama, pemegang saham akan mendapatkan keuntungan dari capital gain, yang merupakan selisih antara harga beli dan harga jual suatu saham, dengan catatan harga saham saat menjual lebih tinggi daripada saat pembelian pertama. Keuntungan kedua, pemegang saham akan mendapatkan dividen, atau pembagian keuntungan yang diberikan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang mereka miliki.

IPO saham biasanya dilakukan ketika pasar saham cukup baik dan perusahaan terkait sedang tumbuh dengan baik dan membutuhkan dana untuk ekspansi dan memenuhi biaya operasional.

Referensi:

  • https://money.kompas.com/read/2023/02/16/130419226/apa-itu-ipo-saham-arti-mekanisme-dan-tips-membelinya?page=all

Image Source: Google Images