Akuntansi adalah salah satu ilmu pengetahuan tertua di dunia. Menurut sejarah, Akuntansi sendiri dimulai sejak zaman peradaban awal, dimana manusia mulai mencatat transaksi keuangan mereka, lebih tepatnya sejak zaman Mesir Kuno pada tahun 2920 SM. Di Mesopotamia, Mesir Kuno, Yunani, dan Roma, masing-masing peradaban tersebut telah memiliki sistem pencatatan keuangan yang sederhana, meskipun metode nya berbeda-beda.

Pada dasarnya, akuntansi merupakan sebuah seni pencatatan dari berbagai transaksi keuangan. Pada zaman Mesir Kuno, praktik pencatatan akuntansi digunakan untuk kepentingan perdagangan yang mana bisa membantu dalam melakukan perdagangan ke luar daerah mereka.

Pada zaman Mesopotamia kuno, orang-orang menggunakan token yang terbuat dari tanah liat untuk mewakili barang dan jasa dalam sistem barter. Akuntan kuno juga mencatat penggunaan token tanah liat untuk melacak hewan dan biji-bijian. Akuntan kuno melacak hewan dan biji-bijian dengan menggunakan sistem yang dikenal sebagai “Token Tanah Liat” yang mengacu pada praktik kuno yang digunakan oleh peradaban kuno untuk mengelola sumber daya dan perdagangan. Praktik akuntansi kuno tersebut merupakan cara primitif untuk melacak aset dan sumber daya.

REFERENSI:

Image Source: Google Images