Telah dibahas pada artikel pertama mengenai fenomena NFT dan pada artikel kedua mengenai hasil temuan dari ketiga kriteria responden yaitu yang tidak mengerti NFT, memahami dan menggunakan NFT, dan yang mengerti namun tidak menggunakan NFT sama sekali.

NFT sebenarnya berpontensi untuk dapat digunakan sebagai mata uang masa depan, namun harus ada regulasi yang mengaturnya baik dari sisi transaksi maupun juga asset yang dijual dengan menggunakan NFT sebagai pembayaranya. Selain itu juga ditemukan bahwa sebenarnya generasi muda tertarik dalam menggunakan NFT sebagai mata uang masa depan nantinya jika NFT bukan hanya trend dan buble semata.

Di dalam penelitian ini ditemukan kendala dari sisi wawancara responden yaitu kurang bersedianya responden dan akses kepada responden yang dianggap material atau penting dalam menyampaikan pandangannya. Penelitian selanjutnya dapat menjangkau responden lebih banyak lagi dan juga melakukan deep interview kepada responden yang material seperti CEO pada perusahaan NFT dan seniman yang aktif dalam pasar NFT.

Kali ini ada pesan dan kesan juga dari Kak Tiara kepada adik kelas agar semakin semangat dalam mengerjakan skripsi khususnya artikel ilmiah dan dapat memberikan pandangan mengenai skripsi artikel ilmiah. Beliau mengutarakan bahwa skripsi artikel ilmiah adalah hal baru yang menyenangkan buatnya dan membuatnya menjadi belajar mengenai public speaking untuk international conferencenya.

“Skripsi artikel ilmiah itu hal baru banget buat saya, karena dulu saya mikirnya bakal jalanin skripsi regular yang terkesan tidak mudah. Namun, ternyata skripsi jalur artikel ilmiah tidak gampang juga tapi milih skripsi jalur ini keputusan yang tepat banget. Saya belajar hal baru, ketemu sama dospem yang baik dan membimbing banget sampai akhir, selalu dapat masukan dan motivasi sampe akhirnya skripsinya selesai. Dapet partner skripsi yang seru juga dan diajak kerjasamanya enak. Overall saya senang banget dan karena saya suka belajar hal baru, jadi berkesan banget.

Untuk semua teman-teman yang pilih skripsi jalur artikel ilmiah, kalian beruntung, selain mempermudah kapan lagi nama kalian akan muncul di paper international hihi. Jadi jalanin skripsinya dengan baik dan rajin, selalu inisiatif untuk minta bimbingan ke dospem karena itu ngebantu banget mempercepat penyelesaian skripsi, belajar public speakingnya lagi untuk conferencenya dan jangan lupa selalu andalkan Tuhan. Semangaaatt!!!!”

Reference:

  • https://www.bbc.com/news/business-60566575