Setelah membaca dua artikel sebelumnya, telah diketahui bahwa keberlanjutan menjadi hal yang penting dan bukan hanya terkait dengan bank saja, namun juga nasabah bank yang juga menerapkan praktik keberlanjutan.

Jika diperhatikan, keberlanjutan yang ada di bank didorong oleh pemerintah dan juga kepedulian dari stakeholders lainnya. Nasabah menjadi stakeholder yang paling penting di dalam bank karena sebagai customer, mereka pasti akan memerhatikan apa yang diberikan oleh bank kepada mereka sebagai customer dan juga kepada stakeholders lainnya. Misalnya terkait dengan keberlanjutan, nasabah juga berperan penting dalam permintaan produk hijau, jika tidak, maka bank tidak akan menerbitkan produk hijau tersebut.

Dalam menjalankan praktek keberlanjutannya, bank juga dipantau oleh pemerintah dengan adanya peraturan yang mengatur praktek kebelanjutan tersebut. Masing-masing negara memiliki Lembaga yang mengawasi bank terkait dengan kepatuhan atas peraturan tersebut. Karena adanya peraturan yang mengikat, maka bank memiliki dua kategori peraturan yang mereka ikuti. Pertama adalah peraturan dari pemerintah atau regulasi dan yang kedua adalah framework atau kerangka yang diterbikan oleh non profit organization yang bertujuan juga untuk keberlanjutan. Bank menyebut bahwa framework yang ada tidak semuanya diikuti karena berupa suplemen, sehingga tidak wajib untuk diikuti. Bagian yang wajib untuk diikuti adalah regulasi, sementara framework yang tersedia adalah pilihan.

Framework dari berbagai organisasi non profit ada banyak, misalnya dari Global Reporting Initiative (GRI), Sustainable Banking Assessment (SUSBA), Sustainability Accounting Standards Board (SASB), United Nations Environment Programme Finance Initiative (UNEPFI), dan lainnya. Masing-masing dari framework tersebut memiliki fokusnya sendiri.

Selain dari pembedaan framework dan regulasi, banyak bank yang juga merujuk kepada MSCI ESG rating dan bahkan respon dari para shareholder atau investor adalah dari munculnya MSCI ESG Rating tersebut. Data MSCI ESG Rating juga bisa ditemui pada aplikasi Bloomberg namun sudah berupa angka,bukan detail.

Reference: