Apakah kamu kepo mengapa ada beberapa kakak kelas yang memilih artikel ilmiah dalam penulisan skripsinya? Yuk disimak kesan dan pesan dari Kak Yunita dan Kak Jeje.

Yunita:

“Pada semester 8 saya memutuskan untuk memilih artikel ilmiah sebagai tugas akhir saya di BINUS University dengan memilih topik yang berkaitan dengan kecurangan yang dilakukan pinjaman online ilegal. Banyak insight baru yang kami terima dan faktor-faktor lain yang sangat berbahaya mengenai pinjaman online ilegal. Selama penyusunan artikel ilmiah kami diminta untuk menjadi orang yang kritis dalam menanggapi suatu informasi baru. Dalam pengerjaan artikel ilmiah kami memiliki beberapa kendala dalam mencari narasumber dan dalam menentukan conference. Ada beberapa narasumber yang mengalami traumatis sehingga enggan memberikan keterangan, lalu kendala dalam conference ada direvisi dan format, karena semuanya harus sesuai dengan ketentuan dari pihak terkait. Artikel ilmiah ini sangat menguji kemampuan dalam membuat penelitian baru dan tentunya melatih kemampuan analisa kami. Kegiatan ini memberikan kami tantangan yang berbeda, dimana kami diminta untuk memposting dan mempresentasikan jurnal kami ke ranah international, tentunya hal tersebut memberikan pengalaman yang luar biasa.”

Jeje:

“Kegiatan penelitian jurnal ilmiah, sangat memberikan kesan yang positif bagi saya. Kegiatan penelitian jurnal ilmiah, membantu saya dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, kerja sama tim, serta komunikasi antar anggota kelompok. Kendala yang kami hadapi, ketika pencarian responden untuk kami wawancarai. Karena komunikasi serta koordinasi yang sangat baik dengan dosen pembimbing, kendala tersebut dengan cepat di tangani berdasarkan solusi yang diberikan oleh dosen pembimbing kami. Kegiatan konferensi jurnal internasional, membantu saya dalam meningkatkan skill public speaking dalam berbahasa inggris dan kepercayaan diri saya atas penguasaan materi yang saya presentasikan di antara teman – teman researcher lainnya yang berasal dari berbagai negara di Asia.

Pesan dari saya, saya harap teman – teman dapat bergabung dalam penelitian jurnal ilmiah karena banyak hal positif yang di berikan terutama dalam meningkatkan softskill serta hardskill.”