Setelah mengetahui fenomena dari e-Sports, maka kali ini akan dibahas mengenai hasil penelitian dari Kak Louis dan Kak Jose dengan judul Analysis of the Effect of Electronic Sports (E-Sports) Management on the Implementation of the Franchise League.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa esports Franchise League memberikan keuntungan yang banyak bagi team mulai dari adanya hadiah turnamen yang ditambah sampai kepada merekrut pemain yang benar-benar mahir dalam bermain. Jika mereka tidak mendapatkan pemain tersebut, maka investasi mereka di franchise league akan sia-sia. Selain itu juga ditemukan bahwa jika mau masuk ke dalam franchise league, mereka harus mempersiapkan perhitungan return atas investasi yang diberikan dan juga individu team yang menarik, serta dapat menarik massa. Uniknya, jika team sudah masuk ke dalam franchise league, maka tim tidak diperbolehkan untuk memiliki team di game moba esports lainnya dan tidak boleh berkompetisi pada moba lain tersebut.

Faktanya, banyak tim yang mengikuti franchise league dan memberikan uang yang tidak sedikit sebagai bentuk investasi pada game tersebut. Salah satu factor yang menarik adalah jumlah penonton pada pertandingan atau turnamen moba tersebut yang benar-benar besar dan juga penggemar atau pemain game tersebut yang cukup banyak. Jika pertandingan tersebut bisa mendapatkan banyak viewers, maka akan sangat mudah untuk menarik sponsor agar memberikan pendanaan untuk tim dan juga untuk game tersebut.

Selain itu, tim yang bertanding juga bisa memperbesar komunitasnya dan juga menjadi ladang pemasukkan lainnya bagi team yaitu dengan menjual merchandise team. Bukan hanya merchandise team saja, beberapa team bahkan menjual NFT khusus untuk komunitas team tersebut.

Jadi, walaupun dana yang diberikan cukup banyak, pada akhirnya tim mendapatkan dampak langsung dari investasi berupa kenaikan prize poll dan views. Sementara dampak tidak langsungnya adalah komunitas yang berkembang, sponsor banyak yang masuk ke dalam team, dan menjual produk atau merchandise ke komunitas.

Jadi apakah kamu tertarik juga untuk memiliki team esport?

Reference:

  • https://esports.skor.id/mengenal-lebih-dalam-apa-itu-franchise-league-01386453