Mahasiswa melakukan registrasi dan pembayaran kuliah di sistem informasi registrasi. sistem informasi registrasi menyajikan informasi-informasi yang berkaitan dengan pengambilan jumlah mata kuliah, sistem kredit semester yang dilakukan oleh para mahasiswa, mencetak daftar nilai dan lain sebagainya.

Sistem Informasi Supermarket menyajikan informasi-informasi stock persediaan barang dagang yang habis, informasi persediaan barang dagang yang laris dibeli pembeli, informasi harga barang dan lain sebagainya. Sistem ini dibangun untuk meningkatkan kontrol baik terhadap tingkat pembelian, persediaan barang maupun omset supermarket.

Semua contoh di atas menurut Laudon & Laudon (2016) disebut sebagai sistem informasi manajemen.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Menurut Gordon B. Davis Sistem Informasi Manajemen adalah sistem manusia atau mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung operasional manajemen dan fungsi pengambilan keputusan suatu organisasi.

James O’Brien Sistem Informasi Manajemen adalah kombinasi setiap unit yang dikelola oleh pengguna (manusia, jaringan komputer, perangkat keras dan lunak, dan lainnya) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang organisasi.

Barry E. Cushing Sistem Informasi Manajemen adalah sumber daya modal dan manusia pada organisasi yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan mengolah data sehingga menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen dalam aktivitas perencanaan dan pengendalian.

McLeod dan Schell menyatakan Sistem Informasi Manajemen adalah sistem berbasis komputer yang mampu menyediakan informasi bagi para pengguna.

Dalam pengertian para pakar diatas, dapat dikatakan bahwa sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari unsur/komponen/prosedur yang ada didalam perusahaan yang menyajikan informasi untuk kebutuhan manajemen.

Beberapa contoh sistem informasi manajemen adalah sebagai berikut:

  • Enterprise Resource Planning (ERP). Sistem ERP digunakan oleh sejumlah perusahaan besar dalam mengelola manajemen dan melakukan pengawasan yang saling terintegrasi terhadap unit bidang kerja Keuangan, Accounting, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Operasional, dan Pengelolaan Persediaan.
  • Supply Chain Management (SCM). Sistem SCM ini sangat bermanfaat bagi pihak manajemen dimana data-data yang disajikan terintegrasi mengenai manajemen suplai bahan baku, mulai dari pemasok, produsen, pengecer hingga konsumen akhir.
  • Transaction Processing System (TPS). TPS berguna untuk proses data dalam jumlah yang besar dengan transaksi bisnis yang rutin. Program ini biasa diaplikasikan untuk manajemen gaji dan inventaris.
  • Office Automation System (OAS). Sistem aplikasi ini berguna untuk melancarkan komunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan dengan cara mengintegrasikan server-server komputer pada setiap user di perusahaan. Contohnya adalah email.
  • Knowledge Work System (KWS). Sistem informasi KWS ini mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam organisasi.
  • Informatic Management System (IMS). IMS berfungsi untuk mendukung spektrum tugas-tugas dalam organisasi, yang juga dapat digunakan untuk membantu menganalisa pembuatan keputusan. Sistem ini juga dapa tmenyatukan beberapa fungsi informasi dengan program komputerisasi, seperti e-procurement.
  • Decision Support System (DSS). Sistem ini membantu para manajer dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati lingkungan dalam perusahaan. Contohnya, Link Elektronik di sekolah Tunas Bangsa, yang mengamati jumlah pendapatan atau pendaftaran siswa baru setiap tahun.
  • Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (A.I)

Sistem ini menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisa pemecahan masalah dengan menggunakan pengetahuan tenaga ahli yang telah diprogram kedalamnya. Contohnya, sistem jadwal mekanik.

  • Group Decision Support System (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work System (CSCWS), serupa dengan DSS, tetapi GDSS mencari solusi lewat pengumpulan pengetahuan dalam satu kelompok, bukan per individu. Biasanya berbentuk kuesioner, konsultasi, dan skenario. Contohnya adalah e-government.
  • Executive Support System (ESS)

Sistem ini membantu manajer dalam berinteraksi dengan lingkungan perusahaan dengan berpegang pada grafik dan pendukung komunikasilainnya.

Referensi

Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul Jhon, (2016), Sistem Informasi Akuntansi, Diterjemahkan oleh Kikin dan Novita, Salemba Empat, Jakarta.

https://www.ayoksinau.com/pengertian-sistem-informasi/

MY