Perdagangan internasional

Perdagangan internasional adalah pendekatan yang relatif konservatif yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menembus pasar (dengan mengekspor) atau untuk mendapatkan pasokan dengan biaya rendah (dengan mengimpor). Pendekatan ini memerlukan risiko minimal karena perusahaan tidak menempatkan modalnya dalam risiko. Jika perusahaan mengalami penurunan ekspor atau impor, biasanya dapat mengurangi atau menghentikan bagian bisnisnya dengan biaya rendah. Banyak MNC besar yang berbasis di AS, termasuk Boeing, DowDuPont, General Electric, dan IBM, menghasilkan lebih dari $4 miliar dalam penjualan tahunan dari ekspor. Meskipun demikian, usaha kecil menyumbang lebih dari 20 persen dari nilai semua ekspor AS.

Lisensi

Lisensi adalah pengaturan di mana satu perusahaan menyediakan teknologinya (hak cipta, paten, merek dagang, atau nama dagang) dengan imbalan biaya atau pertimbangan lainnya. Banyak produsen perangkat lunak mengizinkan perusahaan asing untuk menggunakan perangkat lunak mereka dengan biaya tertentu. Dengan cara ini, mereka dapat menghasilkan pendapatan dari luar negeri tanpa mendirikan pabrik produksi di luar negeri atau mengangkut barang ke luar negeri.

Waralaba

Di bawah pengaturan waralaba, satu perusahaan menyediakan penjualan khusus atau strategi layanan, bantuan dukungan, dan mungkin investasi awal dalam waralaba dengan imbalan biaya berkala, yang memungkinkan penduduk lokal untuk memiliki dan mengelola unit tertentu. Misalnya, McDonald’s, Pizza Hut, Subway, dan Dairy Queen memiliki waralaba yang dimiliki dan dikelola oleh penduduk lokal di banyak negara asing. Sebagai bagian dari pengaturan waralaba, McDonald biasanya membeli tanah dan membangun gedung. Ini kemudian menyewakan bangunan tersebut kepada penerima waralaba dan memungkinkan penerima waralaba untuk mengoperasikan bisnis di gedung tersebut selama beberapa tahun tertentu (seperti 20 tahun), tetapi penerima waralaba harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh McDonald’s saat mengoperasikan bisnis. Karena waralaba oleh MNC sering membutuhkan investasi langsung dalam operasi asing, ini disebut sebagai investasi asing langsung (DFI).

Usaha bersama

Usaha patungan adalah bisnis yang dimiliki dan dioperasikan bersama oleh dua atau lebih perusahaan. Banyak perusahaan memasuki pasar luar negeri dengan terlibat dalam usaha patungan dengan perusahaan yang sudah mapan di pasar tersebut. Sebagian besar usaha patungan memungkinkan dua perusahaan untuk menerapkan keunggulan komparatif masing-masing dalam proyek tertentu. Usaha-usaha ini seringkali memerlukan beberapa tingkat DFI, sementara pihak lain yang terlibat dalam usaha patungan juga berpartisipasi dalam investasi. Misalnya, General Mills bergabung dalam usaha dengan Nestlé SA sehingga sereal yang diproduksi oleh General Mills dapat dijual melalui jaringan distribusi penjualan luar negeri yang didirikan oleh Nestlé. Xerox Corp. dan Fuji Co. (Jepang) terlibat dalam usaha patungan yang memungkinkan Xerox menembus pasar Jepang sekaligus mengizinkan Fuji memasuki bisnis fotokopi. Kellogg Co. dan Wilmar International Ltd. (berbasis di Singapura) telah mendirikan usaha patungan untuk memproduksi dan mendistribusikan sereal dan produk makanan ringan di Cina. Wilmar sudah memiliki anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki di Cina, dan anak perusahaan itu berpartisipasi dalam usaha tersebut. Usaha patungan antara produsen mobil sangat banyak karena masing-masing produsen dapat menawarkan keunggulan teknologinya sendiri. General Motors, misalnya, memiliki usaha patungan yang sedang berlangsung dengan produsen mobil di beberapa negara yang berbeda.

Sumber:

  • Madura, J. (2020). International financial management. Cengage Learning.
  • Madura, J., & McCarty, D. E. (1989). Research trends and gaps in international financial management: a note. Management International Review, 75-79.

Image Sources: Google Images