Sebuah perusahaan baik skala besar atau kecil dapat dikatakan sehat atau tidak sehat dilihat dari laporan keuangan atau Financial Report yang dimiliki. Sebelum terbentuk laporan keuangan, perusahaan harus memiliki pencatatan keuangan sebagai laporan transaksi yang terjadi. Catatan keuangan dan Laporan keuangan berfungsi sebagai tolok ukur kesuksesan sebuah perusahaan atau bisnis

Pencatatan keuangan digunakan sebagai pelaporan transaksi yang terjadi dalam harian, mingguan dan bulanan. Hasil catatan tersebut akan menjadi sebuah finacial Report bagi sebuah perusahaan atau bisnis, laporan tersebutlah yang menjadi acuan untuk melihat kondisi bisnis yang tengah dijalankan.

Pencatatan sangat penting, terlebih untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Banyak pengusaha atau pelaku bisnis pemula yang sering melupakan catatan keuangan bisnis yang sedang mereka jalankan. Ketika usaha atau bisnis semakin maju dan membutuhkan modal untuk pengembangan usaha ke Bank, maka laporan keuangan itulah yang akan dilihat oleh pihak perbankan. Oleh karena itu pengusaha atau pebisnis harus rapi melakukan pencatatan keuangan secara berkala dari awal.

Pencatatan transaksi keuangan sangat diharuskan dalam pengelolaan keuangan perusahaan atau bisnis, karena pengelolaan keuangan yang baik adalah akibat dari pencataan keuangan yang baik sehingga laporan keuangannya pun menjadi valid. Hasil dari financial Report itulah yang akan menjadi acuan untuk menerapkan sebuah strategi selanjutnya, diantaranya apakah sebuah usaha atau bisnis sudah siap untuk mengembangkan usahanya atau belum.

Sumber :

Laporan PKM Penyuluhan Pencatatan transaksi keuangan pada PT. Dea Lova Indonesia Tangerang Banten.