Pentingnya Aplikasi Akuntansi bagi UMKM

Oleh: Lusianah, S.E., M.Ak.

Perkembangan UMKM di Indonesia berkembang semakin pesat, sehingga membuat persaingan menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, para pelaku usaha perlu membekali kemampuan mereka dalam mengelola usaha dengan teknologi. Salah satu teknologi yang dapat diterapkan adalah penggunaan software accounting, dimana ini dapat mempercepat dan memudahkan penyusunan dan pengelolaan laporan keuangan usahanya.

Kesalahan dalam pengelolaan laporan keuangan sering kali menjadi penyebab UMKM mengalami gulung tikar, karena terkadang kesalahan yang terjadi memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap keseluruhan bisnis. Kesalahan tersebut dapat diatasi, salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan software accounting.

Berdasarkan pertimbangan di atas, berikut ini adalah alasan pentingnya penggunaan software accounting bagi UMKM:

  1. Perhitungan laba yang jelas

Perhitungan laba merupakan bagian yang menentukan bagaimana kinerja dari sebuah UMKM. Perhitungan laba perusahaan ini tidak bisa dilakukan dengan asal, software akuntansi bisa mencatat setiap data transaksi dan mengakumulasi data tersebut sehingga perhitungan laba menjadi lebih jelas.

  1. Pencatatan transaksi UMKM

Setiap transaksi yang terjadi perlu dihitung dan dicatat dengan tepat. Software akuntansi memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mencatat setiap transaksi UMKM secara tepat, akurat, dan melakukan penghitungan akumulasi secara otomatis.

  1. Laporan keuangan UMKM

Software accounting dilengkapi dengan sistem perhitungan dan penyusunan laporan keuangan yang akurat. Sehingga bisa mengurangi kesalahan perhitungan yang biasa dilakukan secara manual.

  1. Menghemat biaya

Dengan menggunakan software accounting, UMKM tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa akuntan untuk menyelesaikan urusan keuangan.

 

Referensi:

  • Google Image. 2020
  • https://www.jurnal.id/id/blog/ini-alasan-umkm-nasional-perlu-pakai-software-accounting/