Remote working saat ini tidak hanya perlu dilihat dari segi teknologi ataupun proses bisnis yang berjalan, tapi juga bagaimana sisi manusiawi dalam remote working ini sendiri. Remote working memiliki tantangan terkait dengan persepsi jangka panjang untuk menjadi produktif, bernilai, serta inklusif. Dalam melakukan pekerjaan, para pekerja butuh untuk memiliki ruang untuk berhenti sejenak, merefleksikan, serta berpikir dan fokus untuk mencyelesaikan pekerjaan mereka secara seimbang.

Dalam dunia digital, kata-kata juga menjadi hal yang abadi, sehingga metode komunikasi menjadi sangat penting karena informasi yang penting mungkin memiliki keamanan yang tinggi dan dalam remote team, nada dan infleksi menjadi hal penting untuk menjelaskan dan menyatakan perasaan yang mungkin hilang di email ataupun teks. Selain itu, hal yang penting dari segi pekerja selama masa remote working adalah hubungan antara kepercayaan, respek, komunikasi yang terbuka, transparan, serta mampu secara jelas menjelaskan ekspektasi. Di masa yang tidak menentu, pemimpin yang mampu melakukan pembicaraan berbasis fakta secara langsung terkait realita yang terjadi serta dampak yang mungkin terjadi pada pekerja diperlukan untuk mengurangi tingkat stress yang tidak menentu.

Dalam melakukan pekerjaan jarak jauh, para pekerja kerap merasa kesepian meski melakukan panggilan video secara tidak berhenti, yang membuat rasa rerputus antarpekerja dan menjadi tantangan untuk menjaga budaya perusahaan. Perusahaan bisa membantu hal ini dengan menyediakan sarana work-life balance yang baik dan membantu pekerja dengan berbagai layanan atau diskusi terkait dengan kesejahteraan pekerja, Kesehatan mental, meditasi, atau Latihan olahraga di rumah. Di dalam tim sendiri, para anggota mampu untuk membantu satu dengan lainnya dengan secara aktif melakukan pertukaran kabar, meluangkan waktu untuk melakukan diskusi santai, serta melakukan kompetisi persahabatan untuk mengambil bagian yang mampu membantu terjadinya kesejahteraan.

Sumber:

  • Deloitte. (n.d.). Deloitte. Retrieved from Deloitte: https://www2.deloitte.com/us/en/pages/audit/articles/three-insights-for-remote-auditing.

Image Sources: Google Images