Awal dari pandemi COVID-19 menjadi titik yang menyadarkan banyak pihak bahwa ada banyak peluang dan perubahan yang terjadi seiring dengan pandemi. Komunitas akuntansi dan keuangan memiliki peran yang jelas dalam membawa perubahan. ACCA dan PWC menemukan pentingnya peran dari fungsi finansial di masa mendatang. Kepentingan atas data, teknologi, dan perangkat kemampuan akan dibutuhkan. Peluang bagi fungsi finansial secara relevan meningkat bagi organisasi yang memiliki bagian untuk memastikan bahwa para pekerja perlu runtuk menguasai perangkat kemampuan baru di beberapa bidang.

Peran dari fungsi finansial yang terus berkembang dalam organisasi terbagi atas area penting. Area pertama yang perlu dikembangkan adalah efisiensi atas transaksi, dimana fungsi finansial memiliki peranan penting dalam melakukan pengolahan data dalam perusahaan, dimana data perlu dikelola secara efektif dan bersih. Area kedua adalah kesesuaian dan kontrol, dimana peran finansial di tahap ini tetap menjadi peranan fundamental. Pada tahap ini, kesesuaian tidak hanya mencakup pelaporan finansial eksternal, namun juga merangkul area dari peningkatan relevansi yang ada. Area terakhir yang perlu dikembangkan adalah kemampuan atas teknologi, dimana pengembangan berbagai teknologi mampu membantu perusahaan untuk melakukan transaksi secaar real-time. Bagi fungsi finansial, kemampuan serta penguasaan teknologi yang baik akan membantu untuk mendapatkan sudut pandang dengan melakukan analisis dan mengintepretasikan data untuk mengambil keputusan. Selain itu, salah satu kemampuan yang mampu membuka peluang bagi fungsi finansial adalah dengan mengembangkan kemampuan lain, salah satu yang utama adalah kemampuan atas human capital.

Di masa mendatang, fungsi finansial yang mampu sukses adalah yang bersedia untuk melakukan investasi pada kemampuan pekerja dalam tim, dalam data dan teknologi, tmampu menjaga hubungan dengan member tim dalam organisasi.

Sumber:

  • ACCA. (2021). FINANCE FUNCTIONS : SEIZING THE OPPORTUNITY

Image Sources: Google Images