Kemajuan teknologi semakin berkembang dengan sangat cepat, oleh karena itu, seluruh sector industry harus dapat mengkolaborasikan teknologi dengan industry itu sendiri. Semisalnya di sector akuntansi, contoh kolaborasi terbaiknya adalah kehadiran software akuntansi yang dapat membantu akuntan bekerja lebih efisien dan efektif. Sudah cukup banyak software akuntansi yang cukup terkemuka. Berikut adalah contoh software akuntansi yang paling banyak digunakan di kalangan umum:

  1. Accurate Accounting
    Accurate Accounting merupakan software akuntansi yang memiliki bahasa Indonesia di dalamnya serta memiliki interface yang sangat user friendly. Salah satu kelebihannya adalah memiliki fitur pajak yang support dengan kebijakan dan peraturan di Indonesia. Namun kekurangannya adalah pengguna hanya bisa login sebagai supervisor, hanya bisa membuka database di hard drive local computer dan tidak bisa melakukan migrasi.
  2. Quick Book
    Software Quick Book memberikan fungsi dan fitur yang sangat lengkap. Kelebihan dari software ini adalah bisa multi user, currency atau juga departemen. Laporan yang dihasilkan juga dilengkapi dengan grafik sehingga mempermudah untuk melakukan analisa keadaan keuangan perusahaan. Kelemahan dari software ini adalah tidak ada bahasa Indonesia sehingga bagi yang kurang fasih dalam bahasa Inggrsi akan kesulitan mempelajari software ini.
  3. Krishand
    Software Krishand ini merupakan software yang khusus untuk perpajakan dengan menyediakan formulir pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru sehingga dapat membantu pengguna karena software ini akan menghasilkan laporan pajak yang akurat dan efisien. Kelemahan dari software ini adalah di bagian usabilitasnya yang kurang baik serta permasalahan kepemilikannya.
  4. MYOB
    MYOB merupakan software akuntansi yang cukup populer di Indonesia karena memiliki tampilan yang sederhana dan pemakaiannya pun sangat mudah. Kelebihan dari software ini adalah memiliki harga yang cukup terjangkau serta tidak memiliki biaya maintenance untuk kedepannya. Selain itu, pengolahan perhitungan akuntansi yang dihasilkan akurat dan tepat.  Kelemahan dari software ini adalah tidak ada fitur pelaporan perpajakan di Indonesia, hanya bisa digunakan pada satu perusahaan, tidak memiliki bahasa Indonesia, terdapat perbedaan format neraca keuangan dengan Indonesia, dan tidak bisa memodifikasi laporan atau field pada software ini.
  5. Zahir Accounting
    Zahir Accounting merupakan software akuntansi yang memiliku UI yang sangat user friendly serta mempunyai fitur yang lengkap, bahkan paling lengkap diantara software lainnya. Kelebihan software ini adalah ketika ingin membeli software ini, kita bisa membeli paket software ini dengan fitur apa saja yang kita gunakan sehingga harganya dapat lebih murah dibandingkan software lain. Selain itu, software ini juga dapat memodifikasi faktur dan laporan sesuai kebutuhan pengguna. Kekurangan dari software ini adalah Hanya memiliki satu mata uang saja dan tidak dapat menghitung biaya persatuan seperti biaya per jam, perburuh, dan lainnya secara otomatis.
  6. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
    MOAE merupakan program promosi dari Microsoft Office Accounting Professional sehingga kita dapat mengunduhnya secara gratis. MOAE juga memiliki tampilan yang cukup detail dan sederhana sehingga memudahkan pengguna dalam pemakaiannya. Kekurangan dari software ini adalah fitur perpajakannya tidak dapat menyesuaikan dengan peraturan perpajakan di Indonesia.

Referensi:

Image Sources: Google Images