Accounting

HOW WEB 3.0 WILL IMPACT THE FINANCIAL INDUSTRY

Web 3.0 merupakan generasi terbaru dari teknologi website. Secara sederhana, pada generasi ini, website dan aplikasi akan bisa memproses informasi seperti halnya manusia. Nantinya, data dalam internet akan saling tersambung secara desentralisasi atau tersebar. Tentunya hal itu sangat berbeda dari sistem yang digunakan dalam Web 2.0, di mana data tersimpan secara sentralisasi alias terpusat. Pada teknologi Web 3.0 ini menggunakan Machine Learning (ML), Artificial Intelligence (AI), Big Data, dan juga web semantik. Sehingga pengguna dan mesin dapat berinteraksi dengan data, nilai, dan rekanan lainnya melalui substrat jaringan bersifat peer-to-peer. Dengan begitu, interaksi tidak lagi memerlukan pihak ketiga.

Adapun karakteristik dari Web 3.0 yaitu bersifat terbuka, trustless dan permissionless.

  1. Terbuka
    Karena jaringan ini dibangun dari perangkat lunak bersifat open-source. Jaringan ini pun dibuat oleh komunitas developer yang terbuka dan dapat diakses serta dijalankan dalam tampilan penuh.
  2. Trustless
    Jaringan ini bersifat trustless karena jaringan itu sendiri memungkinkan peserta untuk berinteraksi secara publik atau pribadi tanpa melibatkan pihak ketiga yang tepercaya.
  3. Permissionless
    Di mana pun dan siapa pun, baik pengguna maupun pemasok, dapat berpartisipasi tanpa izin dari lembaga pengatur.

Web 3.0 akan lebih terdesentralisasi dan dipersonalisasi daripada internet yang kita kenal sekarang. Apa artinya ini bagi layanan keuangan? Perusahaan FinTech akan memiliki keuntungan untuk melakukan inovasi pada layanan keuangan. Decentralized finance (DeFi) adalah istilah kolektif untuk produk dan layanan keuangan, yang terbuka untuk siapa saja yang memiliki koneksi internet. DeFi menggunakan cryptocurrency dan smart contract untuk menyediakan layanan tanpa perlu lembaga keuangan bertindak sebagai penjamin. Pada DeFi, smart contract diprogram untuk mengirim/mengembalikan uang dari satu akun ke akun lainnya, tanpa pembebanan biaya. Selain itu penerapan DeFi ini juga memungkinkan seseorang untuk  mengirim uang ke seluruh dunia, meminjam dana dengan atau tanpa agunan, memulai tabungan kripto, membeli asuransi, dan mengelola portofolio keuangan lengkap dalam satu sistem.

Source:

Image Sources: Google Images

Jonathan Theodore Kesuma