Dalam perkembangannya, CSR yang terintregasi diharapkan merupakan hasil kolaborasi seluruh stakeholder dan performa yang dihasilkan hingga pada akhirnya pasar yang akan memberi reward bagi perusahaan tersebut. Salah satu contohnya adalah membentuk supply chain yang berintegritas. Maksudnya, perusahaan dapat memilih supplier yang peduli terhadap lingkungan dan menghindari supplier yang menjalankan usahanya dengan merusak lingkungan. Dari sini maka kolaborasi seluruh stakeholder dapat dikatakan baik sehingga diharapkan membawa keuntungan bagi keseluruhan pihak.

Perkembangan CSR yang cukup mencolok adalah tindakan perusahaan. Pada waktu lampau, perusahaan hanya melakukan jenis donasi berupa uang tunai kepada pihak lain yang membutuhkan. Sekarang, perusahaan menambahkan pendekatan strategi bisnis dalam CSR-nya. Contohnya, dengan membuat kampanye sosial yang berhubungan dengan inti bisnis si perusahaan ataupun membuat bentuk bisnis baru yang menggabungkan tujuan ekonomi dan sosialnya. Dengan konsep seperti ini, diharapkan perusahaan juga akan mendapat keuntungan dari melakukan CSR.

Dalam membentuk CSR yang terintegrasi, ada tiga dimensi yang harus dilalui, milai dari dimensi standar dan normative, dimensi strategic philanthropy dan dimensi integrated output. Pada dimensi yang pertama, dibentuk kesepakatan mengenai CSR yang dituangkan dalam aturan bersama, seperti ISO, SA dan sebagainya. Kesepakatan ini yang menjadi acuan perusahaan dalam menjalankan CSR. Dimensi kedua, yaitu bentuk sikap filantropis dari perusaahaan. Di sini, perusahaan tidak hanya sekedar menyumbangkan uang, melainkan menggabungkan strategi bisnis dalam perusahaannya untuk mendapat keuntungan. Dimensi ketiga, adalah hasil nyata yang dilakukan perusahaan dalam masyarakat. Setiap hal yang dilakukan perusahaan seharusnya membawa dampak yang positif dari masyarakat, apalagi yang perusahaan lakukan tidak hanya sekedar menyumbangkan uang. Setiap tindakan perusahaan yang sudah terintegrasi tentunya akan membawa dampak yang lebih besar bagi masyarakat dan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka.

References:

  • The Evolution of CSR: An Integrated Approach (2017)

Image Sources: Google Images