Integrated Reporting (IR) merupakan jenis pelaporan baru yang akan membawa banyak manfaat kepada stakeholder. Organisasi yang menaungi IR adalah International Integrated Reporting Council (IIRC) yang dibentuk pada tahun 2010. IR sendiri mulai dijalankan pada tahun 2011 dimana IIRC menginisiasi dibentuknya program pilot project yang melibatkan perusahaan-perusahaan yang ingin menjalankan IR.

Ilmu ini masih tergolong baru jika dibandingkan dengan konsep-konsep lainnya dalam akuntansi, padahal manfaat yang dihasilkan oleh IR sedemikian besar apalagi mampu menambahkan informasi terutama bagi para stakeholder terutama dalam mengambil keputusan finansial yang berkaitan dengan perusahaan. Karenanya, penelitian ini ingin mengangkat topik bagaimana faktor-faktor determinan untuk membentuk kualitas IR yang baik.

Diharapkan dengan adanya penelitian ini, maka akan memberi manfaat kepada banyak pihak. Kepada perusahaan, diharapkan mereka akan mampu membuat IR yang baik agar menjadi nilai tambah bagi para stakeholder sementara bagi para stakeholder diharapkan melalui penelitian ini, mereka dapat mengetahui bagaimana IR yang baik sehingga mereka dapat membedakan IR yang baik maupun tidak yang dibuat oleh perusahaan.

Bagaimana membentuk Integrated Reporting dengan kualitas yang baik? Akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Image Sources: Google Images