Dunia software akuntansi dengan cepat telah bergeser dari software akuntansi tradisional ke arah cloud computing. Sebagian besar vendor software akuntansi saat ini telah mentransisi produk software mereka ke cloud dan menyediakan berbagai layanan solusi cloud accounting. Beberapa vendor yang menyediakan solusi cloud accounting adalah Financial Force.com, NetSuite, Microsoft Office 365, FreshBooks, Liquid, QuickBooks Online, Myob, Xero, Aqilla, Mint.com atau Waveaccounting. Pasar cloud accounting mulai meningkat dengan memberikan solusi yang sangat layak untuk diperhitungkan. Di sisi lain, perusahaan dari seluruh dunia mendapat manfaat dari layanan akuntansi cloud sebagai pelanggan.

Cloud accounting dapat bermanfaat dalam banyak hal di dunia bisnis saat ini. Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh cloud accounting mencakup:

  1. Pengurangan Biaya
    Dibandingkan akuntansi tradisional, dengan sistem berbasis cloud, bisnis tidak perlu melakukan pembelian sekaligus untuk suatu program atau pengeluaran biaya di muka untuk peralatan IT atau lisensi softwarenya. Ini meminimalkan biaya profesional IT yang mahal untuk meningkatkan aplikasi atau memelihara server karena semua pemeliharaan dan peningkatan program dilakukan oleh penyedia software sesuai kebutuhan. Software dan storage dapat disewa dan layanan dibayar secara bulanan atau tahunan.
  2. Aksesibilitas ke Semua Informasi Akuntansi
    Akuntansi berbasis cloud menawarkan kemampuan bagi siapa saja di perusahaan untuk mengakses data akuntansi kapan saja. Informasi tidak harus dikompilasi dan kemudian dikirim melalui email ke orang-orang di dalam perusahaan. Karyawan yang terampil dapat menjalankan laporan dan menganalisis data jika mereka memiliki informasi login untuk akun perangkat lunak akuntansi. Itu memungkinkan manajemen dan pemimpin senior di perusahaan untuk bisa mendapatkan informasi dan mengambil keputusan dengan lebih cepat. Mereka tidak bergantung pada anggota staf akuntansi lain untuk memberikan informasi yang diperlukan
  3. Security
    Cloud accounting adalah cara yang aman untuk mengakses dan menyimpan semua informasi keuangan. Dengan sistem desktop, data yang disimpan di laptop atau komputer, peralatan dapat hilang, diretas, atau dicuri. Data cloud disimpan di jaringan yang lebih besar dan jauh dan data terus dibackup. Tidak ada masalah kehilangan jika semua informasi keuangan disimpan melalui internet. Jaringan yang memelihara software akuntansi berbasis cloud terus dipantau untuk gangguan dan sering kali sistem ini dibangun dengan keamanan tinggi sebagai komponen utama.
  4. Penyimpanan Data
    Akuntansi adalah profesi dokumen-berat. Faktur, kuitansi, laporan bank, dan dokumen lainnya adalah bagian besar dari aktivitas akuntansi apa pun. Dokumen-dokumen tersebut membutuhkan kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Akuntansi berbasis cloud memudahkan pengelolaan dan penyimpanan dokumen-dokumen ini. Dokumen dapat dipindai dan disimpan di cloud. Cloud memungkinkan penyimpanan data tanpa batas dan backup otomatis untuk data klien dan data tersebut  dapat dipulihkan oleh provider apabila terjadi suatu insiden kepada klien. Sistem cloud accounting juga memungkinkan perusahaan klien untuk menambah atau mengurangi kapasitas dengan mudah

Referensi:

  • Khanom, Tahmina. (2017). Cloud Accounting: A Theoretical Overview. IOSR Journal of Business and Management. 19(6). 31-38. 10.9790/487X-1906053138.
  • Dimitru & Matei. (2014). A New Paradigm for Accounting through Cloud Computing. Procedia Economics and Finance. 15. 840-846. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(14)00541-3

Image Sources: Google Images