Budget adalah bentuk kuantitatif dari perencanaan yang direncanakan baik secara perorangan maupun perusahaan. Budget tersebut harus diawasi di dalam pelaksanaannya agar sesuai dengan yang sudah direncanakan dan terlebih budget juga melibatkan banyak pihak yang ada di dalamnya.

Pengawasan terhadap budget bukan hanya dari management tingkat atas, melainkan juga dari keseluruhan management dan juga staff yang terlibat agar rencana tetap pada tujuan dan juga sesuai dengan apa yang ingin dicapai.

Perusahaan berusaha untuk tetap dapat menjalankan rencana dan juga merealisasikan rencana tersebut di dalam perusahaan. Dengan adanya realisasi dan pengendalian secara berkala dan menyeluruh dari rencana, membuat perusahan dapat dengan mudah untuk memperbaiki dan/atau mengubah rencana jika terdapat ketidaksesuaian dengan budget dan rencana/planning dari perusahaan. Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut sebagai budgetary control.

Budgetary control sebaiknya dilakukan oleh perusahaan secara berkala dan juga real time agar dapat bisa mengetahui jika ada kendala di dalam eksekusi budget dan dapat memberikan solusi dengan cepat atas masalah yang dihadapi. Budgetary control tentu berbeda dengan budget evaluation, jadi pastikan untuk pengendalian dilakukan dengan real time, dibandingkan dengan evaluation yang hanya dilakukan pada akhir periode budget untuk mmebandingkan yang direncanakan dengan realisasi budget tersebut.

Image Sources: SPH