Bagian kelima dari seri hubungan antara pajak, perilaku investor dan perusahaan ini akan membahas mengenai penelitian terdahulu yang mengaitkan antara perubahan tarif pajak dengan perilaku investor. Secara spesifik, kali ini akan dibahas keterkaitan antara perubahan tarif pajak atas dividend terhadap portofolio investasi.

Desai and Dharmapala (2011) Menguji apakah perubahan yang diakibatkan oleh Jobs and Growth Tax Relief Reconciliation Act (JGTRRA) di Amerika Serikat akan mempengaruhi portofolio investasi. Secara spesifik, Desai and Dharmapala (2011) meneliti salah satu poin penting dalam JGTRRA tersebut, yakni terkait pajak atas dividend dari perusahaan asing yang diterima oleh warga Amerika Serikat.  Secara singkat, JGTRRA menurunkan tarif pajak atas dividen yang berasal dari perusahaan di Amerika Serikat. Penurunan tarif pajak tersebut juga berlaku terhadap dividen yang berasal dari beberapa negara yang memiliki perjanjian pajak dengan Amerika Serikat. Mereka menguji apakah perubahan tersebut akan membuat investor dari Amerika Serikat mengubah portofolionya ke negara-negara dengan perjanjian pajak tersebut.

Sesuai dengan prediksi mereka, Desai and Dharmapala (2011) menemukan bahwa terdapat peningkatan foreign portfolio investment yang relative lebih besar untuk negara-negara dengan perpajanjian pajak dengan Amerika Serikat dibanding di negara-negara tanpa perjanjian tersebut. Selain itu, mereka juga menemukan bahwa efek dari JGTRRA lebih kuat di negara-negara yang memiliki tingklat korelasi tinggi dengan Amerika.

Reference:

  • Desai, M. A., & Dharmapala, D. (2011). DIVIDEND TAXES AND INTERNATIONAL PORTFOLIO CHOICE. The Review of Economics and Statistics, 93(1), 266–284. http://www.jstor.org/stable/23015933

Image Sources: Google Images