Adams, et al. (2010) mengungkapkan bahwa komposisi dari dewan komisaris merupakan hal penting yang akan menentukan kualitas pekerjaan dewan komisaris dalam melakukan pengawasan terhadap manajer perusahaan.  Melanjutkan pembahasan pada bagian sebelumnya terkait dengan penelitian-penelitian mengenai dewan komisaris, pada bagian ini akan dibahas mengenai beberapa penelitian yang membahas mengenai pengaruh keahlian dari anggota dewan komisaris dalam proses pengawasan terhadap manajer perusahaan. Pertanyaan yang sering muncul dalam jenis penelitian ini adalah apakah keahlian dalam bidang keuangan dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja dewan komisaris.

Park dan Shin (2004) berargumen bahwa keefektifitasan dewan komisaris dalam melakukan pengawasan terhadap manajemen laba dipengaruhi oleh keahlian dari dewan komisaris itu sendiri. Dalam penelitiannya, Park dan Shin (2004) menguji hal itu. Secara spesifik, mereka menguji apakah dewan komisaris yang memiliki keahlian dalam bidang keuangan dapat memitigasi manajemen laba perusahaan. Menggunakan sample data dari Kanada selama periode 1991 – 1997, mereka menemukan hubungan yang bersifat negatif antara keberadaan anggota dewan komisaris yang berasal dari financial intermediaries dengan praktik manajemen laba.

Lanis et al. (2020) menguji pengaruh dari outside directors yang memiliki keahlian dalam bidang keuangan terhadap level hutang perusahaan. Menggunakan sample data dari US selama periode 2000 – 2013, secara umum, mereka menemukan bahwa kehalian dalam bidang keuangan dari outside directors tidak memiliki pengaruh terhadap level hutang perusahaan. Meskipun begitu, mereka menemukan bahwa outside directors dengan keahlian dalam bidang keuangan berpengaruh terhadap debt substitution effect dimana terdapat trade-off antara costs and benefits dari hutang dan penghindaran pajak.

References:

  • Lanis, R., Richardson, G., Govendir, B., & Pazmandy, G. (2020). The effect of board of directors’ expertise and tax avoidance on corporate debt. Accounting & Finance, 61(3), 4475-4511.
  • Park, Y. W., & Shin, H. (2004). Board composition and earnings management in Canada. Journal of Corporate Finance, 10(3), 431-457.

Image Sources: Google Images