Dalam rangka membangun pemahaman akan audit, khusunya audit keaungan, meningkatkan skill dan knowledge di bidang auditing dan memberikan pengalaman bagia para mahasiswa di bidang audit, maka setiap tahunnya diadakan event tahunan audit simulation. Tahun 2021 ini Binus University melalui Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) bekerjasama dengan ShineWing Indonesia, Kantor Akuntan Publik (KAP) Suharli Sugiharto dan Rekan menyelenggarakan Audit Simulation Competition HIMA Binus X ShineWing Indonesia 2021. Acara tersebut memiliki tema “Experiencing Audit Simulation from Home”, meskipun Pandemic COvid 19 belum berakhir namun tetap tidak mengurangi semangat mahasiswa untuk terus belajar dan berkarya.

Audit Simulation Competition ini diselenggarakan tanggal 8-12 November 2021. Bertindak sebagai panitia adalah HIMA Binus, bertindak sebagai juri adalah Bpk Michell Suharli selaku CEO ShineWing Indonesia, Bpk Andreas selaku Partner ShineWing Pekanbaru Office dan Bpk Bambang Leo Handoko, kooridnator rumpun auditing Prodi Akuntansi Binus. Diikuti oleh 10 tim dari Universitas Bina Nusantara yang setiap tim rata – rata beranggotakan 5 orang, kesepuluh tim tersebut yaitu: Geek Family Consultant, Nawasena, Alceena, Pentagram, Black Velvet, Sahitya, Stoic, Paraduta, Shining Shimmering Splendid, Parama. Audit Simulation Competition ini terdiri dari 5 pos yaitu: Revenue, PPE, Income Tax Payable, Account Receivable, dan Liabilities. Untuk pengerjaannya dikerjakan secara online selama 2 hari yaitu 8-10 November 2021. Para peserta membuat audit working paper dan video presentasi, yang mempresentasikan temuan audit, prosedur audit yang dilakukan dan hasil analisa. Video para peserta diupload di kanal Youtube masing-masing. Tanggal 11 November 2021, para juri memberikan penilaian dan melakukan meeting untuk penggabungan nilai dan penentuan juara. Berdasarkan total hasil perhitungan nilai terjadi selisih nilai yang sangat ketat, karena masing-masing peserta menampilkan hasil yang sangat baik. Namun demikian tetap harus dipilih best of best diantara kesepuluh tim.

Pada hari Jumat 12 Novermber 2021 diadakan acara penutupan Audit Simulation Competition. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Program Studi Akuntansi Ibu Dr. Ang Swat Lin Lindawati dan disusul sambutan dari ketua umum HIMA Stiven Lambertus dan ketua panitian kegiatan Meiviana Amelia Alam. Kemudian sambutan dari CEO ShineWing Indonesia, Bpk Michell Suharli dan kesan dan pesan penilaian dari dewan juri dibawakan Bpk Andreas. Selanjutnya adalah pengumuman pemenang yang diumumkan oleh Bpk Bambang Leo Handoko, tampil sebagai juara 3 adalah tim Pentagram, juara 2 tim Nawasena dan juara 1 adalah tim Shining Shimmering Splendid. Selamat kepada para juara dan kepada seluruh peserta yang telah bertanding denagn luar biasa, semoga pengalaman yang didapat bermanfaat bagi rekan – rekan sekalian. Semoga acara audit simulation ini dapat terus meningkatkan animo mahasiswa akan dunia audit dan menjalin tali silaturahmi dengan kantor akuntan publik. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ShineWing Indonesia, Bapak Michell Suharli dan Bapak Andreas yang telah memberikan supportnya yang luar biasa kepada kami.