Pada 9 Juli 2021, Accounting BINUS dengan bangga bekerjasama dengan Ibu Juniati Gunawan, Ph.D. selaku Sustainability Report Expert in IFC (World Bank Group). Bertindak sebagai moderator dalam acara ini adalah Bapak Tommy Andrian, S.E., M.Ak. selaku SCC – Accounting Fundamentals BINUS University. Acara ini dibuka oleh Ibu A.S.L. Lindawati, S.E., M.Com. (Hons), Ph.D., CSRS., CSRA., CMA. selaku Head of Accounting Study Program.

Dalam paparannya Ibu Juniati membagikan pengetahuannya mengenai kerusakan lingkungan yang terjadi di bumi melalui tingginya karbon yang dihasilkan oleh berbagai macam aktifitas manusia. Kerusakan lingkungan seperti ini harus segera diminimalisir agar tidak memperparah keadaan. Salah satu dampak yang cukup parah sekarang adalah mulai langkanya satwa.

Terobosan yang ingin dicapai adalah low carbon economy, dimana adanya kegiatan ekonomi yang menghasilkan manfaat bagi manusia namun di sisi lain harus mempertimbangkan seminimalisir mungkin karbon yang dihasilkan. Salah satunya melalui carbon accounting, dengan mempertimbangkan beberapa sisi, antara lain:

  1. Melakukan pencatatan
  2. Melakukan perhitungan pengeluaran carbon
  3. Memiliki regulasi yang jelas
  4. Memiliki strategi yang tepat sasaran terutama bagi kegiatan yang menghasilkan banyak carbon

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama antara Ibu Juniati dengan para Binusian.

Sampai berjumpa di acara berikutnya!