Deferal dan Akrual (Deferrals and Accruals)

Defferal yaitu: penangguhan pengakuan atas suatu Expense yang telah dibayar atau revenue yang telah diterima

Accrual yaitu: suatu expense yang belum dibayar atau revenue yang belum diterima

Deferal dan Akrual pada laporan keuangan

Beban ditangguhkan (Deferral expense) yang diperkirakan bermanfaat untuk jangka waktu yang pendek dicantumkan di Balance Sheet dibawah judul Current Asset, yang disebut beban dibayar dimuka (Prepaid Expense)

Sedangkan pembayaran di muka jangka panjang yang dapat dibebankan pada operasi beberapa tahun disajikan di Balance Sheet dalam bagian yang disebut beban yang ditangguhkan (deferred  charges)

Pendapatan yang ditangguhkan (Deferred Revenue) dapat dicantumkan di neraca sebagai kewajiban lancar, yang disebut pendapatan yang belum dihasilkan (Unearned Revenue)atau pendapatan di terima di muka. (revenues receivedin advance)

Sedangkan pendapatan yang ditangguhkan yang mencakup jangka panjang, disajikan di neraca pada bagian yang disebut kredit yang ditangguhkan. (deferred credits)

Beban yang masih harus dibayar (Accrued expenses) dinyatakan di balance sheet sebagai kewajiban yang masih harus dibayar (accrued liabilities). Liabilities untuk accrued expense  biasanya jatuh tempo dalam jangka waktu jangka satu tahun dan dicantumkan di balance sheet  sebagai current liabilities

Pendapatan yang masih harus diterima (Accrued revenue) dapat dicantumkan di balance sheet sebagai aktiva yang masih harus diterima (accrued assets). Jumlah receivable untuk accrued revenue biasanya jatuh tempo dalam jangka pendek dan digolongkan sebagai curretn assets.

HHM

Reference:

Warren, Reve dan Fess. (2005). Accounting. 21th edition. Cincinati South Western Publishing Co.