Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi cloud telah merevolusi kehidupan sehari-hari kita. Kami memposting foto keluarga kami ke Facebook, kami membayar tagihan rumah tangga kami melalui perbankan online dan kami menggunakan ponsel cerdas kami untuk memeriksa email kami saat bepergian.
Perangkat lunak akuntansi berbasis cloud kini menawarkan semua fungsionalitas dan keandalan sistem akuntansi desktop yang Anda coba dan tepercaya, tetapi dengan sejumlah besar manfaat tambahan yang hanya dapat diberikan oleh teknologi online.

Jika bisnis Anda mencari cara yang lebih efektif untuk mengelola urusan keuangannya, berikut 5 alasan untuk mempertimbangkan secara serius pindah ke cloud accounting.

1. Akses seluler setiap saat
Dengan penghitungan cloud, Anda dapat mengakses akun dan tokoh keuangan utama Anda kapan saja, dari mana saja. Saat Anda menggunakan sistem kuno berbasis desktop, Anda secara efektif terikat ke kantor. Perangkat lunak Anda, data Anda, dan akun Anda semuanya disimpan di drive lokal. Dan itu membatasi akses yang dapat Anda miliki ke informasi keuangan Anda.

Akuntansi berbasis cloud membebaskan Anda dari batasan ini. Data dan catatan Anda semuanya dienkripsi dan disimpan dengan aman di server cloud, dan tidak ada aplikasi perangkat lunak untuk Anda unduh, Anda masuk dan bekerja dari browser web Anda, di mana pun Anda memiliki Wi-Fi dan koneksi Internet.

2. Solusi hemat biaya dan waktu

Bekerja secara online mengurangi biaya TI Anda dan menghemat waktu Anda dengan membuat Anda selalu terhubung dengan bisnis. Sistem berbasis desktop membutuhkan investasi pada perangkat keras TI, ditambah dengan pemeliharaan perangkat keras tersebut. Anda memerlukan server untuk menampung perangkat lunak aplikasi dan data terkait. Dan Anda perlu membayar seorang ahli TI untuk memelihara server dan jaringan kantor – itu bisa menjadi biaya overhead yang mahal.
Akuntansi online dilakukan sepenuhnya dari cloud. Tidak ada infrastruktur TI yang mahal untuk Anda pelihara, dan Anda dapat mengakses perangkat lunak tersebut baik saat Anda berada di kantor, bekerja dari meja dapur, atau saat rapat pelanggan.

Daripada menunggu sampai Anda kembali ke kantor, Anda dapat segera menyetujui pembayaran, atau mengirimkan faktur kepada pelanggan, menghemat waktu Anda dan membuat proses keuangan Anda jauh lebih efektif.

3. Keamanan kedap air dan tidak ada cadangan yang memakan waktu
Saat Anda berbasis cloud, akun dan catatan Anda semuanya disimpan dan dicadangkan dengan enkripsi tingkat militer. Jika Anda telah menggunakan akuntansi desktop, Anda akan menyadari kebutuhan untuk mencadangkan pekerjaan Anda di penghujung hari. Dan Anda juga akan tahu tentang perlunya pembaruan setiap kali penyedia Anda mengeluarkan versi baru dari perangkat lunak. Pada platform cloud, pencadangan dan pembaruan perangkat lunak menjadi sesuatu dari masa lalu. Anda selalu masuk ke versi paling terbaru dari perangkat lunak, dengan semua fungsi terbaru, tarif pajak, dan pengembalian yang diperlukan. Juga pekerjaan Anda disimpan secara otomatis saat Anda pergi, jadi Anda menghemat waktu dan uang untuk prosedur pencadangan yang membosankan. Keamanan adalah area lain di mana akuntansi cloud mengalahkan sistem desktop. Data Anda tidak lagi tersimpan di server fisik di kantor, atau mendekam di hard drive laptop Anda. Semua informasi akuntansi Anda dienkripsi di sumbernya dan disimpan ke cloud. Jadi satu-satunya orang yang dapat mengakses informasi rahasia Anda adalah Anda, ditambah anggota tim dan penasihat Anda.

4. Berbagi dan berkolaborasi dengan mudah
Bekerja dengan rekan kerja, dan berbagi data dengan penasihat Anda, adalah proses yang sangat mudah jika Anda berbasis di cloud. Dengan menggunakan pendekatan desktop lama, Anda memiliki akses terbatas ke akun Anda dan itu membuat kolaborasi dengan kolega dan penasihat menjadi sulit. Jika akuntan Anda memerlukan nomor tertentu, mereka perlu diemail bolak-balik, atau disimpan ke memory stick USB dan dikirim langsung ke kantor mereka. Dengan sistem seperti akuntansi online Xero, Anda, kolega, tim manajemen, dan penasihat Anda semuanya dapat mengakses nomor yang sama secara instan, dari lokasi geografis mana pun. Jadi kolaborasi semudah mengangkat telepon dan masuk ke Xero, dengan nomor-nomor kunci ada di depan Anda.

5. Mengurangi dokumen dan lebih berkelanjutan
Menggunakan cloud accounting dapat mewujudkan impian memiliki kantor tanpa kertas.
Dengan akuntansi tradisional, menangani dokumen, entri data, dan admin keuangan dapat mulai menghabiskan waktu bisnis Anda. Semuanya harus dicetak dan ditangani dalam bentuk hard copy, dan ini lambat, tidak efektif, dan buruk bagi lingkungan. Dengan sistem akuntansi online, Anda dapat mengurangi ketergantungan pada dokumen secara signifikan. Faktur dapat dikirim melalui email langsung ke klien, menghilangkan biaya pencetakan dan perangko – dan mempercepat proses pembayaran. Tagihan dan kuitansi yang masuk dapat dipindai dan disimpan langsung dengan transaksi terkait di perangkat lunak akuntansi Anda. Dan karena semua dokumen Anda digital dan disimpan di awan, tidak perlu menyimpan dokumen asli menghemat ruang pengarsipan dan biaya penyimpanan.

Bibliography
Dimitriu, O., & Matei, M. (2014). A new paradigm for accounting through cloud computing. Procedia economics and finance, 15, 840-846.

Dimitriu, O., & Matei, M. (2015). Cloud accounting: a new business model in a challenging context. Procedia Economics and Finance, 32, 665-671.

Prichici, C., & Ionescu, B. (2015). Cloud accounting–A new paradigm of accounting policies. SEA–Practical Application of Science, 1 (7), 489-496.

JT

Image Sources: Google Image