Oleh: Setiani Putri Hendratno

Industri yang sedang banyak digandrungi oleh banyak orang saat ini yaitu esports. Dimulai dari banyaknya asosiasi yang dibentuk, banyaknya perusahaan untuk tim professional muncul, mulai banyak streamer, youtuber, dan juga influencer yang muncul sebagai pilihan pekerjaan yang baru, membuat banyak industri ini berkembang cukup pesat sampai sekarang ini.

Dimulai dari Personal Computer (PC) games sampai kepada mobile games, esports menjadi idola dari semua insan. Dimulai dari yang kelas SD sampai dengan sudah bekerja dan bekeluarga memainkan salah satu cabang Demonstration Sport yang ada pada Asian Games 2018. Keberagaman usia tersebutlah yang menjadi salah satu acuan di dalam esports.

 Bagi mereka yang sudah bekerja, mereka akan menyisihkan uang mereka untuk dapat membeli skin atau virtual item di dalam game tersebut yang sesuai dengan yang mereka inginkan dan menunjang performance mereka di dalam bermain game.

Dengan adanya skin yang dibeli dan juga top up virtual currency di dalam game, menjadikan pendapatkan terhadap perusahaan tersebut, sedangkan untuk revenue yang memang bisa didapat pada tim eSports, mereka bisa mengakui pendapatan tersebut dengan adanya sponsor dan masuk, pembelian merchandise, dan juga penghasilan dari streaming dan influencer.

Selain itu pihak lain yang juga mendapatkan revenue dari industri esports adalah para perusahaan device yang juga membuat device untuk penunjang bermain game, bahkan yang tadinya tidak pernah membuat versi gaming, ikut membuat versi gaming tersebut karena melihat pangsa pasar yang begitu besar.