Oleh: Setiani Putri Hendratno

Kalau kalian mendapatkan informasi terkait dengan perkuliahan, tentunya akan diinformasikan juga kan kepada teman-teman kalian lainnya terkait dengan informasi tersebut. Informasi dapat diperoleh dengan secara lisan maupun tulisan, baik langsung melalui zoom meeting pada saar era pandemic COVID – 19 atau memang melalui Line Square dan grup lainnya. Selain itu juga komunikasi bisa didapatkan dari dosen langsung dengan cara dosen mengkomunikasikan hanya kepada kalian atau pada grup kelas. Namun, ada kalanya juga komunikasi yang diberikan hanya disimpan saja tanpa diinformasikan kepada teman-teman yang lain, atau bahkan komunikasinya sudah disampaikan kepada teman-teman, namun teman-teman kalian tidak peduli atas informasi tersebut.

Informasi itu harus disampaikan kepada semua orang yang berkepentingan.

Informasi yang kalian dapatkan secara personal atau tim dan menyangkut kepentingan orang banyak, seharusnya dapat disalurkan kepada teman atau kolega kerja lainnya. Banyak kasus yang terjadi di dalam dunia kerja, kalau mendapatkan informasi terkait dengan data apapun, kebanyakan disimpan sendiri tanpa disalurkan. Misalnya terkait dengan purchasing. Pada saat membeli barang, kita tentunya bukan hanya beli, namun juga harus membayar barang tersebut, bukan? Terlebih jika terkait dengan pembelian melalui import, yaitu dengan harus membayar pajak impor barang kepada negara secara cash dan juga biayanya yang dapat muncul dan dibayarkan terlebih dahulu seperti biaya gudang yang jumlahnya besar.

Tim procurement, dalam hal ini import harus menginformasikan kepada tim finance terlebih dahulu atas barang yang akan dibeli, lama installment yang diberikan, dan juga berapa jumlah uang cash yang harus disiapkan untuk custom clearance barang tersebut di bea cukai. Jika hal itu tidak dilakukan, maka custom clearance barang tersebut akan lama dan juga akan menambah biaya gudang barang yang tentu saja tidak murah.

Bisa dibayangkan kalau kalian tidak komunikasi kepada rekan kerja, akan berakibat fatal seperti apa yang akan kalian dapatkan untuk kalian dan juga untuk perusahaan.

Jangan malu untuk bertanya dan jangan sungkan untuk berbagi informasi. Tentu dengan porsi yang pas.