Jadi Jajan

Oleh: Setiani Putri Hendratno

Siapa yang tidak tahan dengan HARBOLNAS? Segala kebutuhan ada, bahkan dari hal yang mendesak untuk dibeli sampai ke hal yang belum perlu untuk dibeli juga bisa didapat pada saat HARBOLNAS. HARBOLNAS juga membuat banyak pembeli rela untuk begadang hanya untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga miring dan berebut dengan pembeli lainnya. Selain itu juga banyak harga barang yang sangat murah dibarengi dengan gratis ongkir dan juga promosi lainnya yaitu dengan bonus produk seperti sampel produk lainnya atau bahkan produk yang ukuran full size.

Semua ini membuat banyak pembeli menjadi jajan, dari yang tadinya tidak terlalu diperlukan, menjadi hal yang harus dibeli untuk memenuhi kepuasan dari berbelanja pada hari belanja online nasional tersebut.

Sebelumnya, para pembeli sudah membagi virtual money mereka ke beberapa e-wallet untuk memudahkan dan mempercepat mereka di dalam bertransaksi pada saat HARBOLNAS. Kebanyakan beranggapan bahwa dengan menggunakan e-wallet, maka belanja menjadi lebih cepat dan juga dapat mendapatkan gratis ongkir, serta biaya administrasi yang kecil, bahkan tidak ada.

Dengan adanya HARBOLNAS ini juga, membuat banyak jasa pengiriman kebanjiran order dan akhirnya juga berdampak pada penggunaan kardus dan bubble wrap yang bertambah. Dengan begitu membuat banyak produsen bubble wrap dan kardus yang juga kebanjiran order.

Dari jajan pada saat HARBOLNAS ternyata juga membawa banyak keuntungan bagi pembeli, penjual, dan juga para stakeholder lainnya seperti jasa pengiriman dan juga produsen karton dan bubble wrap.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu suka jajan juga saat HARBOLNAS?