Nama  : Lia Arizka & SPH

 Lia Arizka berbagi pengalamannya saat melaksanakan program Enrichment dengan track Internship di Binus University. Kira-kira bagaimana kegiatan yang Lia lakukan selama mengambil track internship?

Lia mengambil jurusan akuntansi peminatan audit. Lia mendapatkan kesempatan untuk menjalani program 3+1 binus dan Lia memilih program internship (magang). Untuk semester pertama program internship ini Lia berencana untuk melaksanakan program magang yang pekerjaannya berfokus dalam akuntansi.

Kenapa lebih memilih untuk bekerja di bidang akuntansi? Karena Lia memang sangat menikmati hal-hal yang berkaitan dengan akuntansi itu sendiri. Sehinga Lia ingin mencari pengalaman di bidang akuntansi terlebih dahulu. Beruntungnya Lia mendapat penempatan magang sesuai dengan bidang yang Lia inginkan.

Saat kegiatan magang berlangsung, Lia ditempatkan di divisi (bagian) Cost Controls. Pada bagian ini, pekerjaannya befokus pada pengendalian pada seluruh biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Jadi, setelah biaya yang ada sudah direncanakan (planning), divisi ini akan melakukan pengecekan dan melihat apakah biaya yang harus dikeluarkan bisa dimaksimalkan sebaik mungkin sehingga biaya yang akan dikeluarkan tidak berlebih (over).

Dokumen dari berbagai divisi juga harus melalui divisi Cost Controls ini sebelum pembayaran/biaya dapat dikeluarkan maupun disetujui. Pengecekan dan pencatatan dilakukan secara berurutan sesuai dengan dokumen dan template yang ada. Kelengkapan dokumen juga diperiksa sesuai dengan ketentuan beserta dengan kuantitas yang dibutuhkan. Setelah semuanya sudah sesuai, barulah biaya yang ada dibayarkan.

Begitulah penjelasan secara umum mengenai divisi pada penempatan magang Lia. Lia sendiri sejauh ini baru mempelajari beberapa hal seperti alur pekerjaannya itu seperti apa, perjanjian kerja sama isinya apa saja dan tujuannya untuk apa. Dari bukti kerja sama yang ada Lia juga diminta untuk menghubungkan dengan dokumen yang tersedia apakah sudah sesuai dengan isi perjanjian atau ada yang masih tidak sesuai. Dokumen yang sudah sesuai tersebut bisa langsung dibayarkan atau menunggu jatuh tempo.

Kesimpulannya, memang sejauh ini yang Lia rasakan selama magang ini adalah Lia lebih berfokus pada pengecekan dokumen agar sesuai dengan ketentuan dan melakukan pencatatan maupun penginputan data yang diperlukan.

SPH