Pentingnya Laporan Stok Barang bagi UMKM

Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Tak sedikit perusahaan yang menganggap bahwa menghitung stok bahan baku atau kebutuhan operasional produksi merupakan hal yang mudah. Namun sayangnya, karena dianggap terlalu muda, kebanyakan perusahaan menyampaikan hal tersebut. Maka dampaknya, tanpa tata usaha yang baik, stok bahan baku dan kebutuhan operasional sehari-hari bisa tidak terkontrol dan membuat perusahaan akan merugi. Apalagi jika hal tersebut memberikan dampak pada laju produksi yang terhambat. Hal ini akan berujung pada tidak adanya laporan stok barang yang baik dan tepat di perusahaan. Inventory management inilah yang akan sangat berperan penting bagi perusahaan.

Bukan hanya itu saja, terdapat beberapa hal berikut yang menjadi alasan betapa pentingnya inventory management dan pembuatan laporan stok barang bagi perusahaan, diantaranya:

1. Bisa meningkatkan akurasi pesanan stok barang
Pada saat anda memahami jumlah pasti pada stok barang yang anda butuhkan, maka hal tersebut bisa membantu Anda dalam berbelanja barang-barang apa saja yang akan dibutuhkan oleh perusahaan. Inventory management mempunyai sistem yang bagus dan akan membantu anda melakukan hal tersebut. Dengan hadirnya inventory management, maka kebutuhan bahan baku produksi dan operasional bisa dihitung dan diperkirakan dengan baik jadi tidak akan terjadi penumpukan stock di gudang. Tak hanya itu saja, kekurangan terhadap bahan baku juga bisa dihindari dengan tepat.

2. Bisa membantu mengatur gudang
Dengan adanya sistem inventory management yang baik maka bisa membantu Anda dalam mengatur letak barang yang ada di dalam gudang. Pada saat barang di dalam gudang tidak tertata dengan baik, maka Anda bisa mengalami kesulitan dalam mengetahui dan mencari stok barang yang Anda butuhkan. Apalagi jika ditambah pada saat Anda perlu menghitung jumlah stok sebagai persiapan belanja bahan baku produksi. Perusahaan yang mengaplikasikan inventory management dalam sistem pergudangannya akan mengumpulkan barang-barang dengan penjualan tertinggi di area yang sama dan mudah dijangkau. Secara otomatis hal ini bisa membantu mempercepat order dan menjaga kepuasan para pelanggan.

3. Bisa menghemat waktu dan uang
Keuntungan yang didapat dari inventory management yaitu dampaknya terhadap penghematan waktu dan uang. Sistem tersebut akan mencatat produk mana saja yang masuk dan keluar. Dengan demikian, Anda tidak harus lagi melakukan penghitungan ulang untuk memastikan akurasi catatan Anda. Anda juga tentu akan mengetahui produk mana saja yang lambat terjual hingga Anda bisa menurunkan intensitas produksi dari produk tersebut.

4. Bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan
Terdapat beberapa perangkat dalam inventory management yang bisa membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan Anda. Contohnya, barcode scanner dan software inventory management yang bisa mempercepat dalam proses pencatatan suatu produk. Perangkat inilah yang akan mengeliminasi proses manual dengan tenaga manusia jadi pegawai bisa fokus terhadap pekerjaan yang lain.

5. Inventory management yang baik akan berdampak pada pelanggan yang tetap setia
Pada saat anda telah mempunyai inventory management yang baik, teratur dan tertata rapi, maka pelanggan juga akan puas terhadap pelayanan Anda sehingga mereka bisa menjadi pelanggan tetap dan terus melakukan pemesanan. Ketepatan dan kecepatan ketika mengatur produk serta barang yang pelanggan butuhkan juga menjadi salah satu dari faktor kepuasan para pelanggan. Jadi tak usah heran apabila nanti pelanggan tetap setia pada Anda dan menyarankan pelanggan potensial lain supaya mengambil pesanan lagi dari perusahaan Anda.

Bibliography

5 Alasan Laporan Stok Barang Penting Bagi UMKM. (2016, November 16). Retrieved from: https://sleekr.co/blog/alasan-laporan-stok-barang/

Susi Setyaningsih. (2017). Penerapan Audit Manajemen Sebagai Dasar Penilaian Efektivitas Kinerja Fungsi Pemasaran Pada PT Besari Mulia di Kantor Cabang Surabaya. Jakarta. Erlangga.