Pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020, BINUS University melakukan Kerjasama dengan ACCA Indonesia serta London School of Accountancy and Finance untuk mengadakan seminar bertemakan “Be The Top Finance Professional In The Digital Millennium”, yang bertujuan untuk memberikan pemaparan dan prediksi serta tren bagaimana tren di bidang akuntansi serta keuangan di masa mendatang. Meskipun kondisi saat ini mewajibkan kegiatan ini tidak bisa digelar secara offline, tetapi webinar ini masih mampu berjalan dengan baik secara daring melalui aplikasi zoom.

Bapak Gatot Soepriyanto selaku dekan dari fakultas ekonomi dan komunikasi memberikan kata sambutan pada acara ini. Adapun moderator dari acara kali ini adalah Ibu Sasya Sabrina, yang juga merupakan faculty member dari jurusan akuntansi. Pembicara pada acara kali ini adalah Bapak Manish Gidwani selaku CEO dan pendiri dari London School of Accountancy and Finance, Ibu Hani Karunia selaku Head of ACCA Indonesia, Bapak Adhitya Fadriansyah, ACCA, selaku member dan alumni ACCA, dan juga Kak Sopie Aurelia, yang sedang menjalankan program ACCA.

Dalam kesempatan kali ini, pihak ACCA dan juga LSAF membawakan materi mengenai bagaimana tren di bidang akuntansi dan keuangan saat ini dan juga di masa mendatang. Salah satu hal yang menarik adalah bagaimana digitalisasi dan juga data akan menjadi hal yang memegang peranan penting di bidang akuntansi dan keuangan, yang saat ini dianggap sebagai aset yang vital. Untuk mampu bertahan di industry ini yang semakin sarat akan persaingan, maka para calon akuntan perlu untuk memiliki banyak kemampuan yang perlu untuk dikembangkan, seperti strategi dan inovasi, kepemimpinan, serta sustainable management accounting.

Salah satu persiapan yang mampu dilakukan sejak dini adalah dengan mulai belajar dan memiliki sertifikasi internasional, yang salah satunya adalah ACCA. Setelah sebelumnya bekerjasama dengan pihak ACCA Indonesia, kali ini BINUS University juga melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA) dengan pihak London School of Accountancy and Finance (LSAF), selaku satu-satunya Gold Approved Learning Partner dari ACCA Indonesia. Kerjasama ini diharapkan mampu menciptakan para auditor professional Indonesia yang kelak mampu menguasai posisi penting pada dunia bisnis dan industri yang ada di Indonesia. Acara ini juga menjadi semakin special karena sebelum sesi webinar dimulai, kedua mahasiswa/I BINUS University yang menjadi Student Ambassador dari ACCA Indonesia, yaitu Gisella Septi Aspasya diperkenalkan secara resmi.

Acara ditutup dengan sesi tanya-jawab yang sangat atraktif, yang kemudian dilanjutkan oleh foto Bersama yang melibatkan seluruh pembicara, panitia, dan juga seluruh partisipan.

-JTK-