Author: Jonathan Theodore Kesuma

Chief Financial Officer (CFO) saat ini memiliki peranan penting di perusahaan. Sebagai pihak tertinggi dari bidang finansial perusahaan, CFO saat ini setidaknya memiliki peranan penting di 4 bidang, yaitu steward, catalyst, strategist, and operator. Steward dapat diartikan bahwa CFO saat ini diharapkan untuk mampu menjadi pelindung dari aset vital perusahaan, memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan standar yang berlaku, memastikan penutupan buku dengan tepat, dan mampu mengkomunikasikan nilai dan resiko yang timbul dalam perusahaan, baik kepada investor ataupun manajemen. Sebagai operator, CFO diharapkan mampu menjalankan kegiatan finansial perusahaan secara efektif dan efisien, seperti perancanaan dan analisis keuangan, kebendaharaan, pajak, atau hal lainnya yang berada dalam lingkup bidang finansial perusahaan. CFO juga dinilai perlu memiliki peranan sebagai strategist, dimana CFO diharapkan mampu memiliki visi brilian untuk masa depan perusahaan, yang bisa dimulai dari rencana investasi jangka panjang serta perencanaan atas M&A. Peran keempat yang dinilai perlu dimiliki oleh seorang CFO adalah kapabilitas atas catalyst, yang artinya seorang CFO harus mampu menjadi agen perubahan ketika suatu perubahan diperlukan, termasuk kebijakan atas harga, proses peningkatan serta inovasi dalam perusahaan.

Saat ini, dengan perubahan teknologi yang masif, menjadi sebuah pertanyaan bagaimana peran CFO di masa mendatang. Hal ini juga ditambah dengan pandemi COVID-19 yang melanda, yang membuktikan bahwa masa mendatang akan sangat berbeda dengan apa yang saat ini kita hadapi. Perubahan akan terjadi secara cepat, dan kesiapan atas perubahan akan menjadi kunci di masa mendatang.

Dalam survei yang dilakukan oleh ACCA bersama dengan IMA, para CFO meyakini bahwa perubahan dan ketangkasan akan menjadi kunci kesuksesan seorang CFO dalam menyokong perusahaan. Hal ini tidak semena-mena berarti bahwa para CFO wajib untuk menguasai bidang IT atau teknologi secara mendalam. Hal diamini karena para CFO yang menjadi subjek penelitian merasa bahwa bidang teknologi akan ditangani oleh para ahli IT, sehingga CFO lebih perlu berfokus pada penguasaan mereka atas bidang mereka sendiri, yaitu bidang keuangan perusahaan. Sebanyak 82% dari CFO yang diteliti meyakini bahwa dalam 3-5 tahun mendatang peranan CFO akan meningkat atau meningkat sangat signifikan. Hal ini disebabkan karena adanya isu-isu penting, seperti perkembangan teknologi, perubahan ekspektasi pelanggan, kebijakan yang berlaku, keberlanjutan usaha, serta faktor pertimbangan lainnya. CFO dituntut untuk mampu menghadapi perubahan-perubahan ini dan membawa perusahaan untuk menuju ke arah yang lebih maju melalui perubahan yang ada, bukan sebaliknya.

ACCA menyatakan 6 hipotesis perkembangan peranan CFO di masa mendatang. Peranan CFO akan berubah dan tidak lagi sepenuhnya berfokus pada perlindungan aset dan pelaporan keuangan, melainkan memiliki focus yang lebih besar terhadap manajemen atas investor dan juga stakeholder. CFO di masa mendatang akan memiliki tanggung jawab atas formulasi strategi bisnis, validasi, dan eksekusi melalui tanggung jawab untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Fokus dari perubahan yang sebelumnya terletak pada kontrol atas biaya historis menjadi optimalisasi dari pertumbuhan perusahaan. Seorang CFO di masa mendatang juga perlu mampu melihat dan mengukur seluruh aspek dari objektif strategis perusahaan.

Seorang CFO perlu memiliki kemampuan ‘Chief Performance Officer’, artinya seorang CFO akan memberikan nilai besar dengan memberikan sudut pandang yang maju dibandingkan sekedar pelaporan retrospektif. Dari segi karier, peranan CFO akan dinilai menjadi progres perkembangan karir. Di luar keenam aspek tersebut, CGMA menjelaskan bahwa CFO juga perlu memiliki kemampuan adaptif dan juga mampu memberikan nilai bagi perusahaan.

Referensi:
– https://www.accaglobal.com/gb/en/professional-insights/pro-accountants-the-future/cfo_future.html
– https://www.cgma.org/content/dam/cgma/resources/reports/downloadabledocuments/cfo-competencies-report.pdf
– https://www2.deloitte.com/us/en/pages/finance/articles/gx-cfo-role-responsibilities-organization-steward-operator-catalyst-strategist.html

Image Sources: Google Image

JTK