Auditor harus melindungi kepentingan para pengguna laporan keuangan. Dalam hal ini misalnya investor dan kreditor. Apabila klien yang diaudit terdapat kemungkinan akan emngalami kebangkrutan, maka auditor perlu memberikan informasi sebagai “warning” kepada investor dan kreditor. Hal tersebut untuk menghindari kerugian investor seperti capital loss atau debt default bagi kreditor.

SPAP – PSA No. 30 SA Seksi 341 menjelaskan bahwa auditor bertanggung jawab untuk mengevaluasi apakah terdapat kesangsian besar terhadap kemampuan entitas dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam periode atau jangka waktu yang wajar, yaitu tidak lebih dari satu tahun sejak tanggal laporan keuangan yang sedang diaudit. Evaluasi auditor berdasarkan atas pengetahuan tentang kondisi dan peristiwa yang ada pada atau yang telah terjadi sebelum pekerjaan lapangan selesai. Informasi tentang kondisi dan peristiwa diperoleh auditor dari penerapan prosedur audit yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan audit yang bersangkutan dengan asersi manajemen yang terkandung dalam laporan keuangan yang sedang diaudit.

SPAP – PSA No. 30 SA Seksi 341.1 memberikan pedoman bagi auditor untuk dapat mengevaluasi apakah terdapat kesangsian terhadap kemampuan suatu perusahaan untuk dapat going concern, antara lain:

  1. Auditor diharapkan mempertimbangkan apakah dari seluruh hasil prosedur yang dilaksanakan terdapat kesangsian besar mengenai kemampuan suatu entitas dalam mempertahankan kelangsungan usahanya dalam jangka waktu yang wajar (tidak lebih dari satu tahun sejak tanggal laporan keuangan yang sedang diaudit).
  2. Jika auditor benar yakin bahwa terdapat kesangsian besar mengenai kemampuan entitas dalam mempertahankan kelangsungan usahanya dalam jangka waktu yang wajar, auditor harus:
  3. Memperoleh informasi lengkap mengenai rencana managementyang ditujukan untuk mengurangi dampak kondisi dan peristiwa tersebut.
  4. Menilai apakah terdapat kemungkinan bahwa rencana tersebut dapat dilaksanakan secara efektif dan memperbaiki keadaan.
  5. Setelah auditor mengevaluasi swrencana manajemen, perlu diambil kesimpulan dan menentukan apakah masih terdapat kesangsian besar mengenai kemampuan entitas dalam mempertahankan kelangsungan usahanya dalam jangka waktu yang wajar.

BLH

Image Source: Google Image