KONSEP DASAR AKUNTANSI DALAM AKUNTANSI KEUANGAN

Pada saat kita belanja ke pasar kita melakukan pencatatan merupakan akuntansi. Setelah selesai Anda melakukan panggilan telepon muncul biaya panggilan merupakan akuntansi. Pada saat kita menarik uang di ATM saldo kita langsung berkurang merupakan akuntansi dan lain sebagainya.

Begitu juga dalam perusahaan. Pada saat akuntan perusahaan melakukan pencatatan pembayaran biaya sewa merupakan akuntansi. Pada saat akuntan perusahaan melakukan pencatatan pembayaran gaji karyawan merupakan akuntansi. Pada saat akuntan perusahaan melakukan pencatatan pembayaran atas pembelian tanah merupakan akuntansi. Pada saat akuntan perusahaan melakukan pencatatan pembayaran pajak penghasilan badan merupakan akuntansi dan lain sebagainya.

Semua contoh diatas menurut Romney dan Steinbart disebut sebagai akuntansi. Akuntansi adalah proses indentifikasi, pengumpulan, dan penyimpanan data serta proses pengembangan, pengukuran, dan komunikasi (Romney & Steinbart, 2015).

Pengertian akuntansi menurut para ahli sebagai berikut :

Menurut Keiso, Weygandt & Warfield (2011:2), Akuntansi bisa didefinisikan secara tepat dengan menjelaskan tiga karakteristik penting dari akuntansi: (1) pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi keuangan tentang (2) entitas ekonomi kepada (3) pemakai yang berkepentingan.

Wilkinson (2000) menyatakan bahwa akuntansi merupakan bagian dari sistem informasi umum suatu kesatuan operasional dan juga merupakan bagian dari bidang besar dibawah nama konsep informasi”.

Warren Reeve Fees (2012) akuntansi merupakan sistem infomrasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Menurut American Institute of Certified Public Accountants : “Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang berdaya guna dan dalam bentuk satuan uang dan penginterpretasian hasil proses tersebut “.

Menurut Niswonger, Fess dan Warren “Akuntansi adalah proses mengenali, mengukur dan mengkomunikasikan informasi ekonomi untuk memperoleh pertimbangan dan keputusan yang tepat oleh pemakai informasi yang bersangkutan”. James M. Reeve et al menyatakan bahwa akuntansi adalah suatu sistem informasi yang menyediakan para pemangku kepentingan mengenai aktivitas dan kondisi ekonomi perusahaan.

Dari semua pendapat para pakar diatas dapat dikatakan bahwa akuntansi adalah sistem informasi melalui proses mencatat, mengindentifikasi dan melaporakan transaksi keuangan/informasi keuangan.

Referensi

Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul Jhon, (2016), Sistem Informasi Akuntansi, Diterjemahkan oleh Kikin dan Novita, Salemba Empat, Jakarta.

Jerry J. Weygandt. (2015). Financial accounting. IFRS edition. 03. John Wiley & Sons, Inc. Hoboken. ISBN: 9781118978085.

Niswonger, Warren, Reeve, Fees alih bahasa Alfonsus Sirait, Helda Gunawan, Prinsip-Prinsip Akuntansi. Jilid 1 Edisi 19, Erlangga, Jakarta, 1999.

MY