Agustinus Winoto Mengikuti “Penentuan Strategi Audit dan Pendekatan Audit Jarak Jauh Dalam Kondisi Pandemi COVID-19”

Pada tanggal 6 Mei 2020, Agustinus Winoto selaku Research, Training & Dev. Coordinator unutk Accounting Laboratory mengikuti webinar “Penentuan Strategi Audit dan Pendekatan Audit Jarak Jauh (Remote Audit) Dalam Kondisi Pandemi COVID-19”. Acara ini dibawakan oleh Rizki Damir Mustika, S.E., Ak., CA., CPA., ASEAN CPA selaku Rekan KAP Jamaludin, Ardi, Sukimto dan Rekan (Member of Audittrust International). Adapaun Bapak Rizki merupakan alumni S1 BINUS University jurusan akuntansi.

Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa kondisi pandemi COVID-19 memang tidak dapat dihindari dalam situasi seperti ini. Banyak negara dan perusahaan harus beradaptasi dalam kondisi seperti ini. Tidak terkecuali adalah kegiatan audit. Dalam masa seperti ini, kegiatan audit harus menyesuaikan, mulai dari melakukan audit secara jarak jauh (menggunakan aplikasi secara online). Auditor akan mengalami kesulitan karena keterbatasan dari auditee. Dengan keterbatasan ini pula, para auditor harus tetap jeli mendapatkan bukti yang cukup untuk menyatakan hasil auditnya. Auditor juga harus tetap skeptis terhadap bukti yang didapat untuk meminimalisir kesalahan dalam penyimpulan hasil / temuan audit.

Dengan paparan seperti ini, maka para auditor maupun pengajar mata kuliah audit akan mendapat pengetahuan baru mengenai adaptasi kegiatan audit di masa Pandemi COVID-19 ini.

AW